foto terbaru
  • Penyediaan Layanan Transportasi Darat untuk Jemaah Haji Indonesia

    Proses penyediaan layanan transportasi darat untuk jemaah haji Indonesia di Arab Saudi sudah sampai fase akhir. Penandatangan kontrak layanan transportasi dilakukan antara Pembantu Staf Teknis Haji 1 P-STH 1 KJRI Jeddah yang juga PPK Pejabat Pembuat Komitmen Amin Handoyo dengan perwakilan delapan perusahaan pelayanan transportasi di Jeddah. Hadir, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah PHU Nizar Ali, Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri Sri Ilham Lubis, Staf Teknis Haji Konsul Haji Endang Jumali, serta Pembantu Staf Teknis Haji 2 Suryo Panilih.Delapan perusahaan ini nantinya akan melayani angkutan antar kota dan salawat.

    6 Mei 2019
  • Penyelenggaran Haji Mendekati Final, TUH KJRI Jeddah Gelar Evaluasi Kinerja

    Proses penyiapan penyelenggaraan ibadah haji mendekati final. Jelang operasional, Kantor Teknis Urusan Haji TUH KJRI Jeddah menggelar rapat evaluasi kinerja. Pertemuan yang dihadiri seluruh karyawan Kantor Urusan Haji Indonesia berlangsung di aula pertemuan TUH KJRI di Jeddah. Rapat dipimpin Staf Teknis Urusan Haji STH KJRI Jeddah Endang Jumali. Operasional haji 1440H 2019M merupakan tahun pertama Endang Jumali menjabat sebagai konsul haji. Kepada jajarannya, dia mengingatkan adanya perubahan manajemen kinerja. Mulai tahun ini, manajemen dan sistem penilaian berbasis kinerja.

    5 Mei 2019
  • Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus Kini Hadir di Bandara Soetta

    Kementerian Agama kembali mengeluarkan terobosan baru dalam mengoptimalkan tugas pemantauan dan pengawasan penyelenggaraan ibadah umrah di Tanah Air dengan membuka pos layanan pengawasan terpadu penyelenggaraan ibadah umrah dan haji khusus di Bandara Soekarno-Hatta Soetta , Cengkareng, Tangerang, Jumat 3 Mei 2019. Baca Artikel: Kemenag Resmikan Pengawasan Terpadu Umrah dan Haji Khusus di Bandara Soetta

    3 Mei 2019
  • Menko PMK Resmikan Gedung Baru Klinik Kesehatan Haji Indonesia di Madinah

    Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Menko PMK Puan Maharani meresmikan gedung baru Klinik Kesehatan Haji Indonesia KKHI di Kota Madinah. Peresmian tersebut juga dihadiri Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Duta Besar RI untuk Saudi Agus Maftuh Abegebriel, Konjen RI di Jeddah, serta Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah dan jajarannya.

    3 Mei 2019
  • Menteri Agama Tinjau Hotel Jamaah Haji Indonesia di Wilayah Markaziyah Madinah

    Seluruh hotel yang akan ditempati jemaah haji Indonesia berada di wilayah Markaziyah kawasan terdekat Masjid Nabawi di Madinah. Hal ini ditegaskan Menag Lukman Hakim Saifuddin usai meninjau persiapan layanan akomodasi bagi jemaah haji di Kota Madinah Al Munawwarah. Peninjauan layanan ini dilakukan bersama dengan Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan PMK Puan Maharani, Menteri Kesehatan Nilla F Moeloek, Duta Besar RI Untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel, didampingi tim penyedia layanan akomodasi.

    2 Mei 2019
  • Petugas Haji Indonesia Diminta Teladani 4 Sifat Utama Rasulullah SAW

    Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah PHU Khoirizi H. Dasir meminta petugas haji Indonesia untuk meneladani empat sifat utama Rasulullah SAW. Empat sifat tersebut, yakni Sidiq berkata bertindak benar , amanah, tabligh menyampaikan , dan fathonah cerdas . Foto: Darmawan MCH 2019

    1 Mei 2019
  • Direktur Bina Haji: Bukan Perkara Enteng Jadi Petugas Haji

    Direktur Bina Haji Kementerian Agama Kemenag Khoirizi Dasir menegaskan, bukan perkara yang enteng menjadi petugas haji. Hal tersebut disampaikannya pada Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H 2019M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa 30 April 2019.

    30 April 2019
  • Begini Sigapnya Petugas Haji pada Simulasi Gladi Posko

    Para petugas haji Arab Saudi tidak hanya menerima teori dalam acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H 2019M. Mereka juga diberikan simulasi pelayanan haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

    30 April 2019
  • Menko PMK-Menag-Menkes Gelar Rakor Kesiapan Penyediaan Layanan Haji

    Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan PMK Puan Maharani bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Kesehatan Nilla F Moeloek menggelar rapat koordinasi di Wisma Haji, Makkah. Rapat mengagendakan pembahasan tentang kesiapan penyediaan layanan haji di Arab Saudi, termasuk untuk 10ribu kuota tambahan yang telah diberikan Raja Salman kepada Presiden Joko Widodo. Foto: Kementerian Agama RI

    30 April 2019
  • Melihat Lebih Dekat Petugas Haji Saat Mempersiapkan Rencana Kerja Perorangan

    Para petugas haji yang akan bertugas di Arab Saudi tengah mempersiapkan rencana kerja perorangan. Tujuannya, agar petugas mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan di Tanah Suci. Sebanyak 1.108 petugas haji ini mengikuti Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi tahun 1440 H 2019 M pada Selasa 23 April 2019 hingga Kamis 2 Mei 2019 di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta. Petugas haji berasal dari Kemenag, Kemenkes, TNI Polri, dan media massa .

    29 April 2019
  • Menkes Minta Jamaah Haji Indonesia Jaga Kondisi Fisik

    Menteri Kesehatan Menkes Nila Moeloek meminta kepada jamaah haji untuk terus menjaga kondisi fisiknya karena haji merupakan ibadah yang membutuhkan stamina yang banyak. Baca Artikelnya: Pesan Menkes untuk Jamaah Haji: Jaga Kondisi Fisik

    26 April 2019
  • 70 Tim Gerak Cepat Siap Bantu Jamaah Haji 2019

    Kementerian Kesehatan Kemenkes menyiapkan 70 personel Tim Gerak Cepat TGC pada musim haji 2019 untuk memberikan pertolongan dini dengan cepat kepada jemaah haji yang jatuh sakit sebelum mereka dibawa ke tempat-tempat perawatan atau rumah sakit. Baca Artikel Selengkapnya di: 70 Tim Gerak Cepat Siap Berikan Pertolongan ke Jamaah Haji 2019

    25 April 2019
  • Tantangan yang Paling Terasa dalam Penyelanggaraan Ibadah Haji 2019

    Tantangan yang paling terasa dalam penyelenggaraan ibadah Haji 2019 adalah penambahan kuota sebanyak 10.000 jamaah, sementara fasilitas di Mina masih tetap sama. Hal tersebut disampaikan Staf Khusus Menteri Agama bidang Komunikasi dan Informasi Hadi Rahman dalam acara Pembekalan Terintegrasi Petugas Haji Arab Saudi Tahun 1440H 2019M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Kamis 25 April 2019 .

    25 April 2019
  • Dilepas Menag Lukman, Seluruh Jamaah Haji Indonesia Resmi Tinggalkan Arab Saudi

    Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi melepas kloter akhir jamaah haji Indonesia sebanyak 4 ribuan dari 63 kloter embarkasi Jakarta-Pondok Gede JKG melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, Arab Saudi, pada Selasa 25 September 2018.

    25 September 2018
  • Geliat Anak Muda Semarakan Hari Kemerdekaan di Kota Tua Jeddah, Arab Saudi

    Keriuhan festival di Kota Tua Jeddah seperti menandakan model terbaru Arab Saudi. Hari itu adalah perayaan jelang hari kemerdekaan Arab Saudi yang jatuh pada hari ini, Minggu, 23 September 2018.

    23 September 2018
  • Bukit Surga dan Torehan Sejarah Wafatnya 70 Sahabat Rasulullah

    Jabal Uhud adalah gunung yang dijanjikan di surga. Tak seperti umumnya gunung di Madinah, Jabal Uhud seperti sekelompok gunung yang tidak bersambungan dengan gunung yang lain. Karena itulah penduduk Madinah menyebutnya dengan sebutan Jabal Uhud yang artinya 'gunung menyendiri'.

    18 September 2018
  • Bus Bang Toyib Wara-wiri Jemput Jamaah Haji Indonesia

    Kepala bidang Transportasi PPIH Arab Saudi Subhan Cholid mengatakan, pihaknya terus melakukan perbaikan-perbaikan terkait pengadaan transportasi untuk jamaah selama di Tanah Suci. Terbatasanya jumlah petugas dan terminal, membuat bus kerap "kecolongan" dengan masuknya jamaah haji dari negara lain.

    16 September 2018
  • Ojek Payung di Bandara Madinah Laris Manis Diserbu Jamaah

    Bila di Indonesia istilah ojek payung biasa digunakan anak-anak untuk menjual jasanya ketika musim penghujan tiba. Berbeda dengan di Tanah Suci, di saat panas matahari yang begitu terik hingga mencapai 43-45 derajat celcius, payung menjadi alat pelindung tubuh paling mujarab.

    14 September 2018
  • Melihat Lebih Dekat Al-Ula Kota Hantu di Arab Saudi yang Bikin Penasaran

    Kota Al-Ula, dalam lima tahun mendatang bakal menjadi salah satu destinasi wisata utama di Arab Saudi. Wilayah yang merupakan provinsi pertama tanah Arab itu, kini sedang berbenah untuk semua infrastruktur seperti penambahan hotel, mempercantik situs-situs peninggaan sejarah dan lainnya.

    14 September 2018
  • 350 Jamaah Haji Gelar Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa Sebelum Pulang ke Tanah Air

    Sebanyak 350 jamaah haji Indonesia menggelar doa bersama untuk keselamatan bangsa sebelum pulang ke Tanah Air, di pelataran Masjid Nabawi.

    12 September 2018
  • Engkus Kusnadi Berhaji Sambil Urus Ibu dan Mertua di Tanah Suci

    Beribadah sambil bekerja adalah kenikmatan luar biasa yang kerap dialami para petugas haji di Tanah Suci. Begitupun halnya yang dialami Engkus Kusnadi, jamaah asal Bogor, Jawa Barat ini menunaikan rukun Islam kelima sambil mengurus ibu tercinta dan mertuanya.

    11 September 2018
  • Angka Kematian Turun, Amphuri Apresiasi Pemerintah Sukses Selenggarakan Haji 2018

    Amphuri yang merupakan asosiasi penyedia travel haji dan umrah khusus ini hadir untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah Indonesia yang sukses menyelenggarakan haji tahun 2018."Kedatangan mereka Amphuri untuk silahturahmi sekaligus mengapresiasi penyelenggaraan haji kita tahun ini dinilai berjalan baik," ujar Kadaker Madinah Muhammad Khanif.

    11 September 2018
  • Jamaah Keluhkan Kualitas Koper Haji yang Mudah Putus dan Robek

    Petugas membawa koper jamaah haji Indonesia di Madinah, Arab Saudi. Sejumlah jamaah haji Indonesia mengeluhkan kualitas tas koper yang diterima kurang berkualitas. Tidak sedikit koper berwarna biru yang didapat ketika digunakan di Tanah Suci mudah putus dan robek.

    9 September 2018
  • Cerita Masjid Umar bin Khattab yang Terhimpit Dua Hotel Mewah

    Masjid Umar bin Khattab berada diantara bangunan hotel yang hampir selesai. Ketinggian bangunan yang belum rampung itu menyalip ketinggian menara masjid. Tak banyak yang tahu, masjid yang kini terapit dua hotel itu merupakan Masjid Umar bin Khattab.Sayangnya tidak banyak informasi mengenai situs bersejarah ini.

    8 September 2018
  • Ini Perbedaan Indonesia dan Negara Asia dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji

    Panitia Penyelenggara Ibadah Haji PPIH Arab Saudi kembali mendapat kunjungan kerja dari tim misi haji Bangladesh di Madinah, Kamis, 7 September 2018, sore waktu Saudi. Kedua negara tersebut tertarik bertukar informasi dan mengapresiasi terhadap penyelenggaraan haji Indonesia dengan jumlah jamaah terbesar di dunia, namun mampu mengatur secara baik dan tertib.

    7 September 2018
  • Melihat Lebih Dekat Museum Haramain, Sejarah Berdirinya Dua Masjid Suci

    Jamaah haji Indonesia mengunjungi situs-situs bersejarah di sekitaran Masjidil Haram, Makkah, terdapat Museum Haramain, tempat dimana jamaah haji bisa melihat lebih dekat sejarah pertama kali Masjidil Haram.

    7 September 2018
  • Ketersediaan Air Zamzam di Masjid Nabawi Dikerjakan Pria Asal Bandung Barat

    Uus Rusmana yang biasa disapa Kang Mus saat menegecek ketersediaan air zamzam di area Masjid Nabawi. Selain bekerja mengawasi persediaan air zam zam, Ada pekerjaan lain yang dia tekuni di waktu pagi, yakni diperkebunan kurma. Tidak lain mencari tambahan uang agar bisa dikirim ke kampung halaman.

    6 September 2018
  • Madinah Diguyur Hujan, Jamaah Haji Sambut dengan Suka Cita

    Kota Madinah sore ini, Rabu 5 9 2018 diguyur hujan. Jamaah haji yang sedang melaksanakan ibadah salat wajib dan sunah arbain pun menyambut dengan suka cita.

    6 September 2018
  • Mengintip Anak-Anak Penghafal Alquran TPA Masjid Nabawi

    Selayaknya masjid di Indonesia, Masjid Nabawi kerap melakukan kegiatan keagamaan bagi anak-anak yang akan belajar Alquran.

    5 September 2018
  • Geliat Petugas Haji Terminal Hijrah Bekerja Hanya Beratap Langit

    Di antara petugas asing, tak luput dari sorotan kamera tim Media Center Haji MCH ke arah para petugas haji Indonesia yang siang itu datang meliput. Para petugas terlihat sibuk dengan kertas dan alat tulisnya.

    3 September 2018