Libur Lebaran, Alun-Alun Selatan Yogyakarta Ramai Dikunjungi Wisatawan

Heru Haryono, Jurnalis · Kamis 06 Juni 2019 07:40 WIB

Berwisata ke alun-alun Kidul Keraton Yogyakarta saat libur lebaran, Rabu 5 Juni 2019. Alun-alun Kidul yang biasa disingkat Alkid atau dalam Bahasa Indonesia berarti Alun-alun Selatan, merupakan wilayah bagian selatan dari Kraton Yogyakarta. Menjelang sore hingga malam hari, Alkid menjelma sebuah tempat rekreasi  yang tentunya sayang untuk dilewatkan. pada malam hari kawasan Alkid ini juga menjadi wisata bersepeda. yaitu sepeda hias yang dihiasi lampu warna warni atau biasa disebut odong-odong bagi pengunjung.

 

Pada bagian tengah alun-alun terdapat dua buah pohon beringin yang usianya cukup tua dan keduanya dibatasi oleh pagar benteng yang kokoh. Pohon Beringin ini pun menjadi sebuah obyek permainan yang menarik yaitu ritual laku masangin. Berawal dari kepercayaan masyarakat Yogyakarta tentang orang yang berhasil melewati kedua Pohon Beringin tersebut dengan menutup mata, maka akan dipermudah dalam meraih cita-citanya, maka saat ini banyak wisatawan yang menyempatkan waktu untuk berkunjung mencoba permainan tersebut. Saat ini masangin bukan lagi menjadi ritual, melainkan hanya sebatas permaian. 

 

Sejarahnya Alun-alun Kidul merupakan sasana latihan ketangkasan untuk para prajurit keraton. Halaman belakang istana Raja Jogja ini juga sarat akan cerita. Konon dibangunnya alun-alun ini agar bagian belakang Kraton nampak seperti bagian depan yang juga ditanami pohon beringin kembar. Hal ini bertujuan supaya keraton tidak terkesan membelakangi Laut Selatan yang dikuasai Ratu Kidul.

 

(hyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini