Fenomena Gerhana Bulan Penumbra

Astra Bonardo/ Koran Sindo, Jurnalis · Minggu 07 Juni 2020 22:19 WIB
Foto kombinasi terjadinya fenomena langka strawberry full moon atau bulan purnama strawberry dan gerhana bulan penumbra (GBP) dan puncak GBP saat bulan purnama strawberry di kawasan Graha Raya, Tangerang Selatan, Banten, Sabtu 6 Juni 2020 dini hari. Fenomena langit yang jarang terjadi ini dapat dilihat di seluruh wilayah Indonesia dan sejumlah negara lain.
 
Fenomena strawberry full moon atau bulan purnama straberry hanyalah merupakan istilah yang digunakan sebagai penanda bulan purnama pada bulan Juni adalah pertanda buah strawberry di suku Amerika sudah matang dan siap panen.
 
Sedangkan gerhana bulan penumbra (GBP) terjadi saat bulan melewati bayangan sebagian bumi atau penumbra, sehingga selama fase gerhana ini bulan akan terlihat sedikit gelap dari biasanya. GBP terlihat mulai pukul 00.46 WIB dan berada pada puncaknya pada pada pukul 02.25 WIB, berakhir pada 04.04 WIB. Fenomena GBP  dapat terlihat di sejumlah negara Eropa, Afrika, Asia, Australia dan Samudera Hindia. (Foto: Koran SINDO/Astra Bonardo)

(ast)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini