KRI Bima Suci Kembali ke Surabaya Usai 98 Hari Mengarungi Samudera

Ali Masduki, Jurnalis · Jum'at 01 Januari 2021 14:50 WIB

Satgas Operasi Bima Suci 2020 bersama Satlat Kartika Jala Krida Taruna AAL Angkatan Ke-67 tiba di Dermaga Koarmada II, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Jumat 1 Januari 2021. Selama 98 hari mengarungi samudera dan singgah di 10 kota besar di Indonesia,  KRI Bima Suci dari unsur Satuan Kapal Bantu Koarmada II bersama Satlat Kartika Jala Krida (KJK) Taruna AAL Angkatan Ke-67 tiba kembali ke Pangkalan Surabaya. 

 

Operasi pelayaran KRI Bima Suci dalam mendukung latihan praktek 85 orang Taruna dan Taruni AAL Angkatan ke-67  dimulai pada tanggal 26 September 2020. Tercatat ada 10 etape atau rute pelayaran yang dilalui KRI Bima Suci dengan jarak tempuh 9.910 NM. Rute dimulai dari Surabaya, Lampung, Padang, Sabang, Belawan, Tanjung Uban kemudian naik ke Ranai, Tarakan, Sorong , Tual, Kupang dan kembali ke Surabaya. 

 

Selama pelayaran, para Taruna sebagai calon perwira TNI AL yang mumpuni, Satgas Operasi Bima Suci 2020 juga mengadakan latihan berbagai peran-peran di kapal. Di antaranya peran layar, peran parade roll, peran cuaca buruk, peran jaga perang saat melintasi laut Sulu Filipina yang rawan akan pembajakan kelompok Abu Sayaf. Selanjutnya peran MOB, peran PEK, peran jangkar, peran sekoci dan peran-peran lain yang menambah wawasan dan pengetahuan Taruna selama pelayaran. (Foto: Koran Sindo/Ali Masduki)

(ali)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini