Miris, Begini Nasib Fotografer Keliling Kawasan Monas

Adam Erlangga/Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 16 Januari 2021 22:35 WIB

Rudi (60) dan Udin (42) menunjukan foto hasil jepretannya yang berprofesi sebagai fotografer di Lokasi Wisata Monas, Jakarta, Sabtu 16 Jauari 2021. Dalam kesehariannya mereka menawarkan jasa kepada pengunjung monas untuk berfoto, dengan tarif Rp15.000 satu cetakan foto siap dibawa oleh pengunjung sebagai kenang-kenangan. 

 

Dalam sehari para fotografer keliling di kawasan monas tersebut bisa meraup untung Rp100.000 hingga Rp 200.000. Namun itu sebelum masa pandemi, lain halnya ketika masa pandemi Covid-19 dan penutupan lokasi wisata untuk warga dan pengunjung monas para fotografer tersebut hanya bisa mengantongi keungtungan sekitar Rp50.000 dalam sehari. 

 

Bahkan Rudi harus rela menggadaikan kamera yang menjadi andalannya untuk mencari sesuap nasi, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut Udin meminjamkan kamera secara bergantian kepada Rudi guna melayani pengunjung yang hanya ingin sekedar berfoto dari luar arena Monas. Para Fotografer di lokasi wisata monas pun berharap adanya perhatian dari pemerintah terhadap NASIB mereka. (Foto : Sindo/Adam Erlangga) (hru)

(aer)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini