Ini Beberapa Keunggulan Bus Listrik TransJakarta Dibanding yang Konvesional

MPI, Jurnalis · Jum'at 10 September 2021 14:30 WIB

Petugas Transjakarta periksa kesiapan Bus Listrik sebelum uji coba pelepasan armada di Kantor Pusat Transjakarta, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (10/9/21).

 

PT Transportasi Jakarta melakukan pelepasan uji coba sebanyak satu unit bus listrik yang bekerjasama dengan Agen Penyedia Bus (APM) PT Higer Maju Indonesia (HMI) menghadirkan bus listrik yang aman dan nyaman bagi pelanggan. 

 

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional, minimnya polusi yang dihasilkan, biaya perawatan yang relatif murah, hingga baterai yang tahan lama.  Dengan pengisian ulang baterai maksimum tiga jam, bus listrik Higer mampu melaju sejauh 250 kilometer.

 

Pelepasan Bus Listrik Transjakarta dihadiri Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo dan Direktur Utama PT Higer Indonesia Maju.

 

Salah satu bentuk dukungan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dari pemerintah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk transportasi jalan yang dikeluarkan pada 8 Agustus 2019 lalu. 

 

Selain itu, merujuk pada Instruksi Gubernur DKI nomor 66 tahun 2019 mengenai pengendalian kualitas udara di Jakarta.

 

(Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan) (hru) 

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini