Presiden Jokowi Berdialog dengan Pimpinan Negara Anggota APEC Tentang Pemberdayaan UMKM dan Penanganan Perubahan Iklim

Setpres, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 13:52 WIB

Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Kamis 11 November 2021, melakukan dialog dengan para pimpinan negara anggota APEC dan anggota ABAC, dalam KTT APEC Business Advisory Council (ABAC) yang dilakukan secara virtual. Turut mendampingi dalam dialog tersebut , Ketua ABAC Indonesia Anindya Bakrie, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, dan Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani.

Pada sesi yang mengangkat topik inklusivitas dan keberlanjutan, Presiden Joko Widodo menyampaikan dua fokus, yakni fokus pertama, peningkatan pemberdayaan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mempercepat pemulihan ekonomi inklusif. UMKM tidak hanya menjadi jaring pengaman bagi masyarakat penghasilan rendah, namun juga menyerap tenaga kerja yang sangat besar.

"Tahun 2019, UMKM berkontribusi terhadap 52 persen PDB Asia Pasifik dan berhasil menyerap 50 persen tenaga kerja. Di Indonesia, 64 persen pelaku UMKM adalah perempuan. Artinya, memberdayakan UMKM di Indonesia juga memberdayakan perempuan," ungkap Presiden.

Fokus kedua adalah meletakkan upaya penanganan dampak perubahan iklim dalam kerangka pembangunan berkelanjutan. Penanganan dampak perubahan iklim, menurut Presiden, harus dilakukan secara berimbang dengan pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat, untuk memenuhi target pembangunan berkelanjutan.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut yaitu Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani, dan Ketua ABAC Indonesia Anindya Bakrie. (FOTO: Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden) (ddk)

 

(set)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini