36 Tahun Operasional PLTA Saguling Sebagai Pemasok Listrik Jawa-Bali

Arif Julianto/okezone, Jurnalis · Jum'at 12 November 2021 21:17 WIB

Direktur Utama Indonesia Power M. Ahsin Sidqi (tengah) berbincang dengan petugas di area PLTA Saguling di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

PT PLN (Persero) telah mendorong pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) sejak lama. PLN telah mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Saguling, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, sejak 1985 atau 36 tahun lalu. PLTA Saguling ini telah menjadi tulang punggung energi bersih di sistem kelistrikan Jawa-Bali.

Listrik ramah lingkungan dari PLTA Saguling disalurkan melalui Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Saguling dan diinterkonesikan ke jaringan se-Jawa dan Bali melalui Saluran Utama Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kilo Volt (kV).

Dalam pengembangan EBT, PLTA Saguling POMU merupakan contoh pembangkit jenis hidro masa depan Indonesia yang dimiliki oleh PLN. Seiring dengan komitmen pemerintah untuk terus mendorong pengembangan EBT, PLTA ini akan menjadi pondasi dalam pengembangan pembangkit hidro di masa depan.(FOTO: OKEZONE/ARIF JULIANTO) (ddk)

 

(jul)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini