Share

Keindahan Asitektur Masjid At-Tin yang Jadi Salah Satu Destinasi Wisata Religi di Jakarta

MPI, Jurnalis · Jum'at 08 April 2022 22:00 WIB

Masjid At-Tin tampak dari depan yang bergaya arsitektur Turki di Jalan Raya Taman Mini, Jakarta Timur, Jumat 8 April 2022.

Masjid yang berdiri megah di atas tanah seluas 70 ribu meter ini menyajikan pengalaman menarik bagi umat muslim yang hendak datang beribadah. Masjid At-Tin dibangun atas inisiatif dari istri mantan Presiden Soeharto yang bernama Ibu Tien atau lengkapnya Hj. Fatimah Siti Hartinah Soeharto.

Masjid yang mulai dibangun pada April 1997 ini memiliki kapasitas sekitar 9.000 orang di dalam masjid dan 1.850 orang di selasar tertutup.

Pembangunan Masjid selesai pada tahun 1999 dan dibuka secara umum pada tanggal 26 November 1999. Setelah selesai, masjid megah bergaya arsitektur ala Turki tersebut dinamai Masjid At-Tin.

Nama At-Tin diambil dari salah satu surah dalam Al-Quran yang merupakan wahyu ke-27 yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW, atau surah ke-95 dalam urutan penulisan Al-Quran.

Selain diinspirasi dari surah Al-Quran, pemberian nama At-Tin sebenarnya juga merupakan upaya untuk mengenang jasa-jasa Ibu Tien. (FOTO: MPI/ALDHI CHANDRA SETIAWAN) (ddk)

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini