Share

Mendag Zulhas Lepas Ekspor Rambut Palsu Buatan Indonesia

Dokumentasi Kementerian Perdagangan, Jurnalis · Jum'at 04 November 2022 19:45 WIB

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menghadiri acara Pelepasan Ekspor Rambut Palsu PT Victoria Beauty Industrial di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jumat 4 November 2022.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong Indonesia agar dapat menjadi ekspor wig atau rambut palsu nomor satu di dunia. Saat ini, Indonesia merupakan eksportir produk wig terbesar ke-2 di dunia di bawah Tiongkok.

“Saya optimis kinerja ekspor produk rambut palsu Indonesia akan terus mengalami peningkatan. Saya juga berharap dan terus mendorong agar Indonesia mampu menjadi eksportir rambut palsu nomor satu di dunia. Pasar untuk produk wig Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk dieksplorasi, termasuk ke pasar-pasar tradisional,” jelas Mendag Zulkifli Hasan.

Mendag menyampaikan, pada periode Januari-Agustus 2022, nilai ekspor produk wig Indonesia tercatat sebanyak 7.169 ton dengan nilai sebesar USD 287,7 juta. Meskipun sedikit menurun dibandingkan dengan nilai ekspor periode yang sama tahun 2021. Negara-negara tujuan ekspor utama untuk produk rambut palsu/wig pada periode tersebut yaitu ke Amerika Serikat (78 persen), Jerman (4,55 persen), Inggris (3,71 persen), Korea Selatan (2,91 persen), dan Republik Ceko (0,91 persen).

Sementara pada 2021, nilai ekspor produk rambut palsu Indonesia ke pasar global tercatat sebanyak 11.761 ton dengan nilai total mencapai USD 421,3 juta. (Dokumentasi Kementerian Perdagangan) (ddk)



 

(Dokumentasi Kementerian Perdagangan)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini