Share

Tranformasi Digital GISLINER untuk Menunjang Kementerian ATR/BPN

Arif Julianto/okezone, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 10:44 WIB

Direktur Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (PPTR) Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Budi Situmorang (krii) bersama Sekretaris Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang  (Ditjen PPTR)  M.Shafik Ananta Inuman (kanan) saat meluncurkan layanan online GISLINER (Geographic Information System Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang) di Hotel Intercontinental, Jakarta, Selasa (6/12/2022).

 

Program layanan online GISLINER merupakan pelaksanaan amanat PERPRES No. 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Dimana Perpres tersebut mengamatkan agar kementerian dan lembaga dapat bertransformasi di dunia digital serta mendukung pelayanan berbasis institusi dunia tahun 2024.

 

GISLINER merupakan sistem informasi berbasis geografis yang dikembangkan oleh Ditjen PPTR sebagai media sosialisasi dalam merespon kebutuhan teknologi pada era keterbukaan informasi dan transparansi digital.

 

Pengembangan sistem informasi ini dilakukan guna mendukung visi Kementerian ATR/BPN untuk menjadi institusi berstandar dunia melalui pengembangan sistem informasi yang dilakukan secara menyeluruh, no body left behind, yang berarti semua lapisan masyarakat harus dapat merasakan dampak transformasi digital yang salah satunya diwujudkan dengan akses masyarakat atas informasi yang akurat dan up to date terkait pengendalian dan penertiban tanah dan ruang.

 

Beberapa data yang disajikan dalam GISLINER yaitu data-data spasial hasil kegiatan pengendalian dan penertiban pemanfaatan ruang yang meliputi Penilaian Pelaksanaan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR), Audit Tata Ruang, dan Analisis Spasial Perwujudan Struktur dan Pola Ruang.

 

(Foto: Okezone/Arif Julianto) (hru)

(Arif Julianto/okezone)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini