Serunya Tradisi Arak-arakan Hewan Kurban di Momen Idul Adha

Avirista Midaada/Okezone, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 09:38 WIB

Hari Raya Idul Adha 1440 H, menciptakan momen menarik di tengah berbagai tradisi yang ada di nusantara. Di Kota Malang, tepatnya di Kampung Temanggungan, Kota Malang, tradisi unik yang sudah berusia puluhan tahun tetap dilestarikan masyarakat.

Dimana dalam tradisi tersebut, hewan kurban yang akan disembelih diarak terlebih dahulu keliling kampung sebelum dipotong. Bahkan dalam arak-arakan hewan kurban yang didominasi kambing ini warga juga menyalakan banner, spanduk, balon, hingga bom asap, bahkan flare.

Adapun rute arak-arakan hewan kurban setiap tahunnya pun tak mengalami perubahan, dimulai dari Jalan Gatot Subroto, Jalan Ariesmunandar, Jalan Zainul Arifin, kemudian ke Jalan KH Ahmad Dahlan, dan kembali ke Jalan Gatot Subroto.

Usai berkeliling mengelilingi kampung dengan jarak kurang lebih sekira 2 kilometer, hewan kurban ini lantas mengantre sesuai nomor urut masing-masing sebelum disembelih oleh juru sembelih pantia Idul Kurban.

Alhasil tradisi arak-arakan hewan kurban ini menjadi sesuatu yang ditunggu warga dan wisatawan yang sedang berkunjung ke Malang. Warga rela menunggu di pinggir jalan untuk melihat tradisi ini. Tak jarang mereka sesekali mengabadikan momen ini di smartphone mereka.

(avi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini