foto terbaru
  • Konsep Pertanian Perkotaan Hadir di Balai Kota DKI Jakarta

    Seorang warga memperhatikan tanaman di Balkot Farm kawasan Balai Kota DKI Jakarta, Kamis 18 Juli 2019. Pembangunan Balkot Farm dimulai pada 3 April lalu. Balkot Farm merupakan implementasi dari konsep pertanian perkotaan atau urban farming. Balkot Farm ini diharapkan bisa diimplementasikan masyarakat Jakarta karena tidak memerlukan lahan yang luas.

    18 Juli 2019
  • Pemprov DKI Jakarta Bongkar Instalasi Bambu Getah Getih di Bundaran HI

    Petugas membongkar bambu "Getah Getih" yang terpajang di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019 malam. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membongkar bambu karya seniman Joko Avianto tersebut karena bambu seharga Rp550 juta itu kini sudah rapuh. Bambu tersebut sendiri dipasang menjelang perhelatan Asian Games sejak Agustus 2018 lalu dan diresmikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 16 Agustus 2018. Untuk sementara, sisa lokasi bekas instalasi bambu tersebut akan ditanami tumbuhan Border Semak sampai menunggu intalasi lainnya. Baca Juga Artikel: Sudah Rapuh, Instalasi Bambu Getah Getih di Bundaran HI Dibongkar

    18 Juli 2019
  • TGPF Umumkan Hasil Investigasi Kasus Novel Baswedan

    Juru Bicara Tim Gabungan Pencari Fakta TGPF kasus Novel Baswedan, Nur Kholis, didampingi Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal, memaparkan laporan tim gabungan kasus Novel Baswedan di Jakarta, Rabu 17 Juli 2019. Dalam laporan tim pakar merekomendasikan kepada Kapolri untuk segera membentuk tim teknis guna mendalami sejumlah probabilitas motif, termasuk mendalami enam kasus high profile yang pernah ditangani Novel sebagai penegak hukum, serta mencari fakta keberadaan tiga orang tak dikenal. TGPF menduga motif penyerangan air keras Novel Baswedan karena terlalu berlebihan menggunakan kewenangannya sebagai penyidik di KPK. Dugaan tersebut mengemuka setelah tim pakar menggali keterangan saksi. Dalam investigasi yang dilakukan, tim pakar mengatakan jika Novel tak mempunyai masalah pribadi. Sehingga faktor pemicu penyerangan diduga kuat berhubungan dengan pekerjaan Novel sebagai penyidik KPK. Baca Juga Artikel: TGPF Menduga Kasus Novel Baswedan Berkaitan dengan Pekerjaannya di KPK

    18 Juli 2019
  • KPK Periksa Mantan Dirut Garuda Emirsyah Satar

    Mantan Dirut PT. Garuda Indonesia Emirsyah Satar usai menjalani pemeriksaan, di Gedung KPK Merah Putih, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019. Emirsyah Satar diduga menerima suap uang sebesar Rp 20 miliar dan barang senilai USD 2 juta yang tersebar di Singapura, Australia, dan Indonesia, dari perusahaan manufaktur terkemuka asal Inggris, Rolls Royce, melalui perantara Presiden Komisaris PT Mugi Rekso Abadi MRA beneficial owner dari Connaught International Pte Ltd Soetikno Soedarjo, terkait pembelian 50 mesin pesawat Airbus SAS untuk PT.Garuda Indonesia pada periode 2005-2014.

    17 Juli 2019
  • Intip Pengerjaan Renovasi Masjid Istiqlal

    Pekerja menyelesaikan proyek renovasi Masjid Istiqlal Jakarta, Rabu 17 Juli 2019. Proyek renovasi Masjid Istiqlal diperoleh Waskita pada tahun 2019 dengan nilai kontrak keseluruhan sebesar Rp465.300.998.000. Renovasi salah satu masjid terbesar di Asia Tenggara ini ditargetkan selesai pada tahun 2020. Ruang lingkup utama pekerjaan meliputi pembangunan gedung parkir, penataan kawasan, arsitektur, interior, renovasi sistem mekanikal, elektrikal dan plumbing MEP . Waskita Karya juga melakukan penataan signage simbol untuk mengkomunikasikan informasi .

    17 Juli 2019
  • Pelindo II-Komisi VI DPR Duduk Bareng Bahas Nasib Pekerja Outsourching

    Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PDI-P, Rieke Diah Pitaloka meminta 400 pekerja outsourching Jakarta International Container Terminal JICT dan 42 pelaut PT Jasa Armada Indonesia JAI yang dipecat lantaran alasan pergantian vendor di pekerjakan kembali saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI di gedung Parlemen, Jakarta, Selasa 16 Juli 2019. Rieke juga menyampaikan kepada Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya perlunya tindak lanjut yang cepat dari Pelindo II karena ratusan buruh tersebut sudah berjuang untuk bekerja kembali selama hampir dua tahun.

    18 Juli 2019
  • Melihat Lebih Dekat Aktivitas para Pencari Suaka di Gedung Bekas Kodim Kalideres

    Para pencari suaka melakukan aktivitas di halaman Gedung Bekas Kodim, Kalideres, Jakarta Barat, Rabu 17 Juli 2019. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sosial mengevakuasi sebanyak 1.100 pencari suaka yang kini tinggal sementara di Gedung Bekas Kodim, dengan fasilitas air, listrik, makan, dan minuman. Pengungsi yang berasal dari sejumlah negara di Asia dan Afrika ini merupakan negara yang sedang dalam kondisi konflik dan perang.

    17 Juli 2019
  • Spanduk Penolakan Keberadaan Pengungsi Asing di Jalan Bedugul Kalideres

    Pengendara sepeda motor melintasi spanduk penolakan terhadap keberadaan pengungsi asing di sekitar Gedung Eks Kodim Jakarta Barat di Jalan Bedugul, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis 17 Juli 2019. Spanduk tersebut dipasang sebagai bentuk penolakan warga sekitar akan keberadaan pengungsi asing di tempat penampungan imigran.

    17 Juli 2019
  • Indonesia Perlu Revitalisasi Pendidikan Vokasi

    Menristekdikti Mohamad Nasir tengah berfoto bersama dengan Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman D Hadad ketiga dari kanan , Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto kiri , Ketua KADIN Indonesia Rosan P. Roeslani kedua dari kiri , Chairman of Swiss Federal Institute for Vocational Education &Training SFIVET , Gnaegi Philippe ketiga dari kiri , Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Ismunandar ketiga dari kanan , Rektor Universitas Prasetya Mulya Prof. Djisman Simandjuntak kanan saat acara Revitalisasi Pendidikan Vokasi, Jakarta, Rabu 17 Juli 2019. Seminar ini megagkat tema "Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi di Indonesia: Implementasi Pembelajaran Dual System" dimana menjawab ajakan pemerintah kepada sektor industri agar meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi.

    17 Juli 2019
  • Ketika Warga Asyik Mancing di Kanal Banjir Barat yang Debit Airnya Surut

    Warga terlihat asyik memancing di Kanal Banjir Barat yang debit airnya menyusut, di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu 17 Juli 2019. Menghadapi musim kemarau yang terjadi saat ini, debit air di sekitar aliran Kanal Banjir Barat mulai menyusut. BMKG menyampaikan hasil monitoring Hari Tanpa Hujan HTH hingga 30 Juni 2019, terdapat potensi kekeringan meteorologis iklim di sebagian besar Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara dengan kriteria panjang hingga ekstrem. Dari hasil analisis, teridentifikasi adanya potensi kekeringan meteorologis yang tersebar di sejumlah wilayah di Tanah Air. Baca Juga Artikel: BMKG Keluarkan Peringatan Potensi Kekeringan Panjang hingga Ekstrem di Indonesia

    17 Juli 2019
  • Potret Kerusakan di Desa Kurunga Pascagempa Halmahera Selatan

    Kondisi pascagempa di Desa Kurunga, Halmahera Selatan, Maluku Utara. Pemkab Halmahera Selatan telah mengeluarkan Surat Keputusan SK Tanggap Darurat selama sepekan tujuh hari pasca-terjadinya gempa M 7,2 di wilayah tersebut. Wilayah yang mengalami kerusakan paling berat berada di Pulau Halmahera. Setidaknya empat orang tewas dan 51 lainnya terluka akibat gempa di Halmahera Selatan, Maluku Utara. Baca Juga Artikel: Pasca Gempa M 7,2 Halmahera Selatan Berstatus Tanggap Darurat Sepekan

    17 Juli 2019
  • Tangis Haru & Sujud Syukur Warnai Pelantikan Prasetya Perwira TNI-Polri 2019

    Presiden Joko Widodo saat melantik 781 perwira TNI-Polri dalam acara Prasetya Perwira TNI-Polri 2019 di Halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa 16 Juli 2019. Prasetya Perwira Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2019 merupakan upacara pengambilan sumpah dan pelantikan perwira TNI dan Polri, lulusan dari Akademi Angkatan Akmil, AAL, AAU, dan Akademi Kepolisian . Dalam kesempatan itu Presiden RI selaku Panglima tertinggi, Joko Widodo akan bertindak selaku inspektur upacara. Baca Juga Artikel: Jokowi Lantik 781 Perwira TNI-Polri di Istana Hari Ini

    17 Juli 2019
  • Mabes Polri Bongkar Kasus Perdagangan Orang ke Timur Tengah

    Direktur Tindak Pidana Umum Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Nico Afinta dua kanan , bersama Karopenmas Divhumas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo kanan , menunjukan barang bukti saat rilis kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang TPPO ke Timur Tengah dengan modus pengiriman Tenaga Kerja Wanita TKW secara ilegal di Gedung Bareskrim Polri di Jakarta, Selasa 16 7 2019 . Dari hasil pengungkapan empat kasus tersebut polisi mengamankan tujuh orang yang berperan sebagai sponsor, agen dan perekrut para TKW ilegal. Para tersangka dijerat Pasal 81 Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dengan ancaman pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda maksimal Rp 15 miliar.

    16 Juli 2019
  • Intip Pembuatan Tong Sampah Bergambar Kartun

    Perajin menyelesaikan pembuatan tong sampah bergambar kartun yang terbuat dari drum limbah pabrik di Serpong, Tangerang Selatan, Banten. Tempat sampah bergambar karakter kartun yang dipasarkan hingga berbagai daerah itu dijual Rp75 ribu hingga Rp120 ribu.

    16 Juli 2019
  • Qiblatain, Masjid yang Terkenal karena Memiliki 2 Arah Kiblat

    Jamaah haji Indonesia mengunjungi Masjid Qiblatain di Madinah. Ziarah ke masjid ini dilakukan jamaah di sela melakukan arbain. Masjid Qiblatain yang terkenal dengan dua arah kiblat ini dulunya bernama Masjid Bani Salamah. Masjid ini menjadi saksi perpindahan arah kiblat. Ketika Nabi Muhammad SAW salat Dhuhur di masjid ini, dua rakaat pertama kiblatnya menghadap Baitul Maqdis, Palestina. Ketika Rasulullah SAW menyelesaikan rakaat kedua, Malaikat Jibril menyampaikan wahyu pemindahan arah kiblat ke Masjidil Haram, Makkah.

    16 Juli 2019
  • Perjuangan Seorang Baiq Nuril Tuntut Keadilan

    Terpidana kasus ITE Baiq Nuril saat menyerahkan surat permohonan amnesti atau permohonan pengampunan terkait kasusnya kepada Presiden Joko Widodo Jokowi . Kasus ini bermula saat Baiq Nuril menerima telepon dari Kepala Sekolah Kepsek M pada 2012, dimana dalam perbincangan itu, Kepsek M menceritakan tentang hubungan badannya dengan seorang wanita yang juga dikenal Nuril. Karena merasa dilecehkan, Nuril merekam perbincangan tersebut. Pada tahun 2015, rekaman itu beredar luas di masyarakat Mataram dan membuat Kepsek M geram yang akhirnya melaporkan Nuril ke polisi karena merekam dan menyebar rekaman tersebut. Mahkaham Agung melalui putusan kasasi pada 26 September 2018 menghukum Baiq Nuril 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan. Baca Juga: Ini Isi Surat Permohonan Amnesti Baiq Nuril ke Jokowi

    15 Juli 2019
  • Pemprov DKI Bangun Dermaga Baru di Muara Angke

    Sejumlah pekerja menyelesaikan pondasi dermaga di Muara Angke, Jakarta Utara, Senen 15 Juli 2019. Pemprov DKI Jakarta membangun dermaga dengan panjang mencapai 300 meter dengan lebar sekitar tujuh meter dilengkapi dengan jembatan penghubung serta pemecah ombak sepanjang 480 meter untuk melindungi kapal-kapal yang bersandar di dermaga dari hantaman ombak besar.

    15 Juli 2019
  • Bawa Surat Dukungan Amnesti, Baiq Nuril Temui Moeldoko

    Kepala Staf Kepresidenan Moledoko kiri menerima surat dukungan petisi amnesti terpidana kasus pelanggaran UU ITE Baiq Nuril Maknun kedua kiri dari Direktur Amnesty Internasional Indonesia Usman Hamid kanan didampingi anggota DPR Fraksi PDIP Rieke Diah Pitaloka di Kantor Staf Presiden, kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin 15 Juli 2019. Kedatangan Baiq Nuril tersebut untuk mengajukan surat permohonan amnesti kepada Presiden Joko Widodo melalui Kepala Staf Kepresidenan Moledoko.

    15 Juli 2019
  • Menag Siap Pimpin Delegasi Amirul Hajj 2019

    Menteri Agama Menag Lukman Hakim Saifuddin memimpin Rapat Delegasi Amirul Hajj dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji 1440 Hijriah 2019 Masehi, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Senin 15 Juli 2019. Menag akan memimpin memimpin delegasi Amirul Hajj 2019. Penunjukan Amirul Hajj sesuai dengan Taklimatul Hajj yang dikeluarkan Pemerintah Arab Saudi. Sebagai Amirul Hajj, Menag didampingi anggota delegasi yang berjumlah 13 orang. Rombongan delegasi rencananya diberangkatkan ke Arab Saudi pada Selasa 30 Juli 2019. Kemudian akan kembali ke Tanah Air pada Minggu 18 Agustus 2019. Baca Juga Artikel: Menag Lukman Hakim Saifuddin Pimpin Delegasi Amirul Hajj 2019

    15 Juli 2019
  • Begini Suasana Hari Pertama Masuk Sekolah

    Siswa mengikuti upacara pada hari pertama masuk sekolah di SDN Pondok Betung 02, Tangerang Selatan, Banten, Senin 15 Juli 2019. Hari pertama masuk sekolah tahun ajaran 2019-2020 di mulai secara serentak di Tanah Air hari ini.

    15 Juli 2019
  • Aksi Teatrikal Desak KPK Selesaikan Kasus Perpanjangan Kontrak JICT

    Sejumlah orang dari Serikat Pekerja Jakarta International Container Terminal SP JICT menggelar aksi teatrikal saat berunjukrasa di depan Gedung KPK Merah Putih, Jakarta, Senin 15 JUli 2019. Mereka mendesak KPK agar segera menyelesaikan kasus perpanjangan kontrak pengelolaan pelabuhan PT Jakarta International Container Terminal JICT , antara PT Pelabuhan Indonesia Pelindo II dengan Hutchison Port Holding. Berdasarkan audit investigatif Badan Pemeriksa Keuangan BPK , kontrak tersebut melanggar Undang-Undang dan menyebabkan kerugian negara sebesar Rp4,08 triliun.

    16 Juli 2019
  • Ditabrak Kapal Kargo, Crane Kontainer di Terminal Peti Kemas Semarang Roboh

    Satu unit crane kontainer roboh setelah ditabrak sebuah kapal di Terminal Peti Kemas Semarang, Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu 14 Juli 2019 pada pukul 17.10 WIB. Kejadian tersebut disebabkan kapal peti kemas MV Soul of Luck yang akan sandar di dermaga internasional TPKS membentur CC. Satu CC tersebut yang kini rusak yaitu CC nomor 3 yang berada di posisi paling ujung di dermaga. Baca Juga Artikel: Kapal Tabrak Crane hingga Roboh, Ini Penjelasan Pelindo

    15 Juli 2019
  • Jamaah Haji Indonesia Padati Masjid Pertama yang Didirikan Nabi Muhammad

    Jamaah haji Indonesia mulai memadati wisata ziarah ke Masjid Quba di Madinah pada Sabtu 13 Juli 2019. Masjid Quba berada sekitar 9 km dari Masjid Nabawi adalah salah satu tonggak bersejarah perabadan Islam di kota suci Madinah. Masjid Quba merupakan masjid pertama yang didirikan Nabi Muhammad SAW saat hijrah dari kota Makkah ke Madinah. Dibangun pada 8 Rabiul Awal 1 Hijriyah, Masjid Quba awalnya dibangun di sebuah kebun kurma di kampung Quba, sebelah tenggara pusat kota Madinah. Mendirikan salat di Masjid Quba memiliki sejumlah keutamaan. Salah satunya, yakni mendirikan salat di masjid ini dengan berwudhu dari rumah, sama dengan meraih keutamaan pahala melaksanakan ibadah umrah, sebagaimana tertulis di buku Sejarah Madinah, Rasulullah SAW bersabda: 'Barang siapa telah bersuci berwudlu di rumaahnya. kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu shalat di dalamnya dua rakaat, baginya sama dengan pahala umrah.' Sunan Ibn Majah no. 1412 . style type "text css" p.p1 margin: 0.0px 0.0px 0.0px 0.0px font: 12.0px Helvetica color: 454545 p.p2 margin: 0.0px 0.0px 0.0px 0.0px font: 12.0px Helvetica color: 454545 min-height: 14.0px style

    14 Juli 2019
  • Kebun Kurma Salah Satu Tempat Favorit Jamaah Haji

    Jamaah haji Indonesia mulai memadati kawasan wisata, termasuk Kebun Kurma Albarokah yang berada di Madinah. Selain tersaji kebun kurma, kawasan ini juga menjadi tempat menjual kurma dan berbagai produk khas Arab Saudi lainnya, seperti cokelat. Salah satu yang menjadi incaran jamaah haji adalah kurma muda, yang disebut-sebut bisa menyuburkan, dan membantu pasangan yang telah lama mendambakan anak. Jamaah haji tampak antusias memilih barang-barang yang akan dijadikan oleh-oleh untuk kerabat di tanah air.

    14 Juli 2019
  • Memakai Berbaju Ihram, Jamaah Haji Embarkasi Surabaya 1 Salat Dhuhur di Masjid Nabawi

    Jamaah haji embarkasi Surabaya SUB 1 siap menuju Makkah dari hotel asalnya, Ishraq Al Bustan di Madinah. Sejak pukul 09.00 waktu Arab Saudi WAS , para jamaah haji sudah mulai memakai baju ihram. Sekretaris Sektor 3 Madinah Syahrial Nadir menjelaskan, koper besar telah diturunkan ke lobi dan siap diangkut. Jamaah pun diminta mempersiapkan diri, 'Jadi jamaah sudah pakai baju ihram dari hotel,jelas dia, Minggu 14 Juli 2019. Walau telah mengenakan baju ihram, dia menjelaskan, proses niat tetap dilakukan di Bir Ali yang merupakan lokasi miqat. 'Jadi di Bir Ali tidak perlu lagi mandi dan pakai ihram. Tinggal wudhu, baca niat dan salat sunah ihram saja,' jelas dia Jamaah, kata dia, dipersilahkan untuk salat Dhuhur terlebih dahulu sebelum berangkat yang dijadwalkan pada pukul 14.00 WAS. 'Jadi pakai baju ihram ke Masjid Nabawinya. Setelah salat segera kumpul untuk kemudian berangkat,'jelas dia. style type "text css" p.p1 margin: 0.0px 0.0px 0.0px 0.0px font: 12.0px Helvetica color: 454545 p.p2 margin: 0.0px 0.0px 0.0px 0.0px font: 12.0px Helvetica color: 454545 min-height: 14.0px style

    14 Juli 2019
  • Prabowo: Kita Bangga Indonesia Punya MRT

    Momen kebersamaan Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat mencoba Moda Raya Terpadu MRT dari Stasiun Lebak Bulus Grab sampai Stasiun Senayan Mandiri, Jakarta, Sabtu 13 Juli 2019. Pertemuan tersebut baru terlaksana pasca putusan sengketa hasil Pilpres 2019 yang bergulir di Mahkamah Konstitusi MK beberapa waktu lalu. Saat konferensi pers di Stasiun Senayan Mandiri, Prabowo mengatakan, Kita bangga Indonesia punya MRT yang bisa membantu untuk kepentingan rakyat. Foto: Istimewa Baca Juga: Prabowo: Saya Bangga RI Punya MRT

    13 Juli 2019
  • Usai Jajal Naik MRT, Jokowi dan Prabowo Santap Makan di Sate Senayan

    Presiden terpilih Joko Widodo berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat makan siang bersama di restoran Sate Khas Senayan, FX Sudirman, Senayan, Jakarta Sabtu 13 Juli 2019. Jokowi dan Prabowo tiba sekitar pukul 10.40 WIB di FX Sudirman yang juga sudah dipenuhi oleh pengunjung.

    13 Juli 2019
  • Bertemu Prabowo, Jokowi: Tidak Ada Lagi 01 & 02 Apalagi Cebong-Kampret

    Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto disela konferensi pers di Stasiun MRT Istora Mandiri, Senayan, Jakarta, Sabtu 13 Juli 2019. Dalam pidatonya, Presiden Indonesia itu selanjutnya menekankan bahwa Pilpres yang disebutnya 'sangat keras' telah usai dan diharapkan seluruh pendukung ikut bersatu, tak ada lagi 01 dan 02 atau panggilan cebong dan kampret.

    13 Juli 2019
  • Jakarta Butuh Tambahan RTH untuk Atasi Polusi Udara

    Suasana pepohonan dengan latar gedung bertingkat terlihat di Jakarta Selatan, Jumat 12 Juli 2019. Salah satu cara mengembalikan udara di Jakarta kembali bersih adalah dengan menambah Ruang Terbuka Hijau RTH . Sayangnya, dari luas ibu kota yang mencapai 661,5 kilometer persegi, hanya 9,98 persen saja yang telah menjadi RTH. Sisanya, praktis adalah perumahan, gedung-gedung bertingkat, kawasan pertokoan, atau lahan yang belum dimanfaatkan.

    13 Juli 2019
  • Seragam Berkemeja Putih, Jokowi dan Prabowo Naik MRT Bareng

    Presiden Joko Widodo kanan berbincang dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di dalam gerbong kereta MRT di Jakarta, Sabtu 13 Juli 2019. Presiden terpilih, Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto akhirnya bertemu pascaputusan sengketa hasil Pilpres 2019 yang bergulir di Mahkamah Konstitusi MK beberapa waktu lalu. Foto Instagram: pramonoanungw Baca Juga: Ini Alasan Prabowo Baru Ucapkan Selamat atas Kemenangan Jokowi

    13 Juli 2019