Menyusuri Keindahan Kintamani, Melihat Keagungan Lereng Gunung Batur

Ali Masduki/Koran SINDO Jatim, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 08:35 WIB
Puluhan riders dari Big Max Indonesia (BMI) menyusuri jalan berkelok dengan pemandangan alam yang indah menuju wisata alam Kintamani dan Danau Batur dalam rangkaian program Road Trip Protocol  CHSE (Cleanliness, Health and Environmental Sustainability/CHSE) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang digelar Mister Aladin di Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Rabu 2 Desember 2020. Kintamani Bali adalah salah satu dari sekian banyak daftar objek wisata di Bali dan merupakan highlight wisata yang terkenal di dunia. Daya tarik utama objek wisata ini terletak pada pesona alam pemandangan Gunung Batur, Danau Baturnya dan ragam adat istiadatnya.
 
Sedangkan Gunung Batur terkenal sebagai objek wisata andalan Kabupaten Bangli. Mengutip Wikipedia, Konon menurut cerita dalam Lontar Susana Bali, Gunung Batur merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Batara Pasupati untuik dijadikan Sthana Betari Danuh (istana Dewi Danu). Pada waktu tertentu, seluruh umat Hindu dari berbagai daerah di Bali datang ke Batur menghaturkan Suwinih untuk mengusir bencana hama yang menimpa ladang mereka. Dengan menghantarkan suminih ini maka kawasan gunung Batur menjadi daerah yang subur.
 
Pura Ulun Danu Batur (juga dikenal sebagai "Pura Batur" atau "Pura Ulun Danu") adalah Pura yang terletak di pulau Bali, Indonesia . Sebagai salah satu Pura Kahyangan Jagat, Pura Ulun Danu Batur adalah salah satu dari pura terpenting di Bali yang bertindak sebagai pemelihara harmoni dan stabilitas seluruh pulau. Pura Ulun Danu Batur mewakili arah Utara dan didedikasikan untuk dewa Wisnu dan dewi lokal Dewi Danu, dewi Danau Batur, danau terbesar di Bali. Setelah hancurnya kompleks pura yang asli, pura tersebut dipindahkan dan dibangun kembali pada tahun 1926. (Foto : Koran Sindo/Ali Masduki)

(alm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini