22 Pegawai Terjaring Merokok di Kantor Airin

Hambali/Okezone, Jurnalis · Senin 08 Februari 2021 13:12 WIB
Petugas Satpol PP memperlihatkan asbak yang disita di Balai Kota, Tangerang Selatan, Senin 8 Februari 2021. Sekira 22 pegawai yang berada di berbagai ruangan Balai Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kedapatan tengah merokok. Petugas Satpol PP pun langsung memberi teguran dengan mengingatkan ketentuan Peraturan daerah Kawasan Tanpa Rokok (Perda KTR).
 
Kepala Seksi Penyelidikan dan Penyidikan Satpol PP, Muksin al-Fachry mengatakan saat ini pihaknya terbatas hanya memberi teguran sambil mengirimkan surat ke dinas yang pegawainya tepergok merokok di gedung pemerintahan. Ke depan, kata dia, sanksi tegas akan diberlakukan hingga pelanggar bisa dijerat Tindak Pidana Ringan (Tipiring).
 
Sementara di lokasi yang sama, Ketua No tobacco Community, Bambang Priyono, menilai masih ditemukannya pegawai yang merokok di ruangan gedung-gedung pemerintahan menunjukkan lemahnya komitmen pelaksanaan Perda KTR.
 
Sebagaimana diketahui, dalam Perda Nomor 4 Tahun 2016 mengatur pula soal sanksi pidana bagi para pelanggar, yakni pada
Pasal 20 yang berbunyi : (1) Setiap Orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud Pasal 10 dan/atau Pasal 13 ayat (1) dipidana dengan ancaman pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp. 2.500.000,00 (dua juta lima ratus rupiah).
 
(2) Setiap Badan yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud Pasal 13 ayat (1) dipidana dengan ancaman pidana kurungan paling lama 6 (enam) bulan atau denda paling banyak Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah).
(3) Tindak pidana sebagaimana dimaksud pada ayat (2) adalah pelanggaran. (Foto : MPI/Hambali) (hru)

(ham)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini