Mahasiswa Surabaya Ciptakan Inovasi Crane Pemulasaran Jenazah Covid-19

Ali Masduki/Koran SINDO Jatim, Jurnalis · Selasa 16 Februari 2021 19:05 WIB
(ki-ka), Rektor ITTelkom Surabaya Tri Arief Sardjono, Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurnia dan Direktur Rumah Sakit Universitas Airlangga Prof. Nasronudin, mendapat penjelasan pengoperasian inovasi crane pemulasaran jenazah versi 3.0 karya ITTelkom Surabaya saat serahterima di RS Unair Surabaya, Jawa Timur, Selasa 16 Februari 2021.
 
Inovasi crane pemulasaran jenazah versi 3.0 tersebut untuk meringankan petugas dalam proses pemulasaran jenazah Covid-19.
 
Crane ini dapat dikontrol dengan joystik sebagai kendali elektronik berkekuatan maksimum 1300 kg. Dimensi stretcher disesuaikan dengan ukuran ambulans sehingga peti jenazah bisa dibawa dari rumah sakit ke pemakaman tanpa membongkar strecher. Untuk memudahkan masuk ambulan, kaki stretcher bisa dilipat. Dengan demikian maka peti jenazah dapat diturunkan ke liang lahat otomatis menggunakan motor.
 
ITTelkom Surabaya berharap, inovasi ini dapat meringankan petugas pemulasaran jenazah Covid-19 yang jumlahnya sangat terbatas dan tingginya angka kematian akibat Covid-19. Selain di RS Unair, ITTelkom Surabaya juga akan menyerahan sejumlah crane pemulasaran jenazah versi 3.0 kepada rumah sakit rujukan Covid-19 di Jawa Timur. (Foto: SINDO/Ali Masduki)(ddk)

(alm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini