Aktor Teater Api Indonesia Bercerita tentang Keserakahan Toean Markoen

Ali Masduki/Koran SINDO Jatim, Jurnalis · Sabtu 20 Februari 2021 17:37 WIB

Aktor Teater Api Indonesia mementaskan cerita Toean Markoen, di Gedung Teater Prodi Seni Teater STKW Surabaya, Jawa Timur, Jumat (19/2/2021). Pementasan Toean Markoen yang disutradarai oleh Luhur Kayungga ini terinspirasi dari naskah Mesin Hamlet (Heiner Muller). Pementasan ini disiarkan secara daring dan dilaksanakan tertutup tanpa penonton.

 

Toean Markoen merupakan personifikasi atau simbol dari peradaban yang diciptakan lewat praktik - praktik imperialis kapital.

Dalam bahasa prokem atau rahasia di kalangan terbatas, markoen adalah sebuah istilah yang di tulis dalam ejaan lama yang mestinya markun yang berarti makan secara lahap atau cenderung serakah.

 

Toean Markoen adalah upaya melongok sejarah peradaban dimana manusia telah diculik martabat kemanusiaannya atau dihinakan dijadikan sekrup - sekrup mesin dan dibuang sebagai sampah - sampah pabrik. Pementasan kali ini sekaligus sebagai pendokumentasian video yang akan disajikan dalam Festival Teater Tubuh oleh Yayasan Payung Hitam Bandung. (Foto : Sindo/Ali Masduki) (hru) 

(alm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini