Mengenal MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed yang Jadi Nama Jalan Tol Layang Pengganti Japek

Heru Haryono, Jurnalis · Senin 12 April 2021 11:02 WIB

File Foto: Kendaraan melintas di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated II, Bekasi, Jawa Barat, Kamis 19 Desember 2019.

 

Mensesneg Pratikno meresmikan perubahan nama Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated II menjadi jalan layang MBZ Sheikh Mohamed Bin Zayed pada Senin 12 April 2021. Sheikh Mohamed Bin Zayed merupakan Putra Mahkota Abu Dhbabi dan Wakil Panglima Tertinggi Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab (UEA).

 

Penamaan jalan tol layang terpanjang di Indonesia atas nama Putra Mahkota Abu Dhabi ini menegaskan semakin eratnya hubungan antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab (PEA). Khususnya kedekatan antara pimpinan kedua negara.

 

Sebelumnya pada 19 Oktober 2020, lanjut dia, Pemerintah PEA memberikan penamaan Jalan Presiden Joko Widodo di Embassy Area, Abu Dhabi.

 

Jalan tol layang sepanjang 36,84 km yang melintasi Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang ini tidak hanya menjadi jalan tol layang terpanjang di Indonesia tapi juga merupakan jalan tol bertingkat (double decker motorway) pertama di Indonesia. Jalan ini dibangun pada periode 2017 - 2019 dan sebelumnya bernama Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated.

(hyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini