Presiden Joko Widodo Sampaikan Pernyataan Pers Usai Hadiri ASEAN Leaders Meeting

BPMI Setpres, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 02:21 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah pandangan kepada para pemimpin hingga perwakilan negara-negara ASEAN pada saat menghadiri ASEAN Leaders’ Meeting (ALM) di gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Sabtu 24 April 2021. 
 
Dalam pernyataan persnya usai menghadiri ALM, Presiden menyebut bahwa perkembangan situasi di Myanmar adalah sesuatu yang tidak dapat diterima dan tidak boleh terus berlangsung. Kepala Negara juga menyampaikan pentingnya Pemimpin Militer Myanmar untuk memberikan komitmen. 
 
Permintaan komitmen yang pertama, yakni penghentian penggunaan kekerasan dari militer Myanmar. Permintaan komitmen yang kedua, proses dialog yang inklusif harus segera dimulai. Sementara, permintaan komitmen ketiga yaitu pembukaan akses bantuan kemanusiaan dari ASEAN yang dikoordinir oleh Sekjen ASEAN bersama dengan AHA Centre. 
 
Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pandangan yang disampaikan oleh pihak Indonesia ternyata sejalan dengan yang disampaikan oleh para pemimpin negara-negara ASEAN. 
 
Turut mendampingi Presiden saat memberikan keterangan pers yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (Foto: BPMI Setpres)(ddk)

(bmp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini