Begini Proses Pemulasaran Jenazah Covid-19

Ali Masduki, Jurnalis · Kamis 01 Juli 2021 14:17 WIB

Para Modin merawat jenazah dengan prosedur pemulasaran Covid-19 di tempat pemulasaraan darurat Keputih Surabaya, Jawa Timur, Rabu (30/6/2021). Pemulasaran jenazah Covid-19 sedikit berbeda dengan jenazah biasa. Bagi umat Islam, jenazah Covid-19 tidak disucikan menggunakan air, melainkan dengan cara tayamum sesuai ketentuan. Usai tayamum, jenazah dibungkus plastik dilanjutkan dikafani dan dimasukkan kedalam peti kedap agar cairan tidak keluar.

 

Diketahui, pemulasaraan darurat tersebut dibangun oleh pemerintah kota Surabaya untuk membantu petugas pemulasaran jenazah Covid-19 rumah sakit rujukan yang akhir-akhir ini kelabakan seiring meningkatnya kematian pasien Covid-19 di Surabaya. Selain itu, pemulasaraan darurat ini juga untuk merawat jenazah pasien yang meninggal saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

 

Usai dirawat, jenazah langsung dimakamkan di pemakaman khusus Covid-19 yang lokasinya berada tepat disebelah tempat pemulasaran Keputih Surabaya. Namun bagi keluarga yang ingin memakamkan ditempat pemakaman Covid-19 lain juga diperbolehkan.

 

(Foto: Sindo/Ali Masduki) (hru)

(ali)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini