Bikin Haru, Kerabat Berkesempatan Mensholati Jenazah Covid-19 Sebelum Dimakamkan

Ali Masduki, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 08:59 WIB

Kerabat melakukan sholat jenazah diluar pagar tempat pemulasaran darurat Keputih Surabaya, Jawa Timur, Kamis (08/7/2021). Petugas pemulasaran jenazah Covid-19 mengizinkan sanak famili dan pelayat untuk melakukan salat dengan dibatasi jarak.

 

Kesempatan salat jenazah yang dipandu langsung oleh Modin tugas tersebut membuat para kerabat korban Covid-19 terharu. Perawatan jenazah yang sesuai ajaran agama itu sekaligus membantah issue perlakuan tidak manusiawi terhadap jenazah Covid-19 yang selama ini beredar.

 

Diketahui, pemulasaraan darurat tersebut dibangun oleh pemerintah kota Surabaya untuk membantu petugas pemulasaran jenazah Covid-19 rumah sakit rujukan yang akhir-akhir ini kelabakan seiring meningkatnya kematian pasien Covid-19 di Surabaya. Selain itu, pemulasaraan darurat ini juga untuk merawat jenazah pasien yang meninggal saat melakukan isolasi mandiri di rumah.

 

Untuk memperlancar proses perawatan jenazah, pemkot Surabaya mempersiapkan modin-modin senior baik laki-laki maupun perempuan untuk ditugaskan khusus di tempat pemulasaraan darurat Keputih Surabaya. Para Modin stanby ditempat selama 24 jam penuh dengan sistim piket yang dibagi menjadi tiga shif. 

 

(Foto: Sindo/Ali Masduki) (hru) 

(ali)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini