Pentingnya Imunisasi kepada Bayi saat Pandemi Covid-19

Ali Masduki, Jurnalis · Selasa 10 Agustus 2021 12:38 WIB

Dokter Spesialis Anak, dr. Dini Adityarini memberikan vaksin pada bayi ketika melayani vaksinasi secara drive thru, di RS Kendangsari Merr, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/8/2021). Layanan vaksinasi dasar dan lanjutan yang digelar secara drive thrue tersebut untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada pasien menyusul banyak orangtua yang enggan membawa anaknya ke rumah sakit karena khawatir tertular Covid-19.

 

Dokter Dini Adityarini menyebut, vaksin yang diberikan melalui suntikan maupun tetesan oral ke dalam mulut bertujuan untuk meningkatkan imun tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit. World Health Organization (WHO) mendefinisikan imunisasi sebagai proses di mana seseorang menjadi kebal atau resisten terhadap penyakit menular.

 

Imunisasi atau pemberian vaksin merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit. Imunisasi menjadi penting bagi semua orang terutama untuk anak. Oleh karena itu setiap orangtua wajib memberikan vaksin imunisasi, sebab hal ini sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 42 tahun 2013. 

 

(Foto: Sindo/Ali Masduki) (hru) 

(ali)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini