TNI AL Koarmada II Gelar Donor Plasma Konvalesen

Ali Masduki, Jurnalis · Kamis 12 Agustus 2021 14:09 WIB

Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto (tengah), bersama Ketua PMI Jawa Timur Imam Utomo (kanan), meninjau pelaksanaan Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Reguler di Panti Tjahaya Armada (PTA) Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (12/8/2021). Koarmada II bekerja sama dengan PMI Surabaya dan Sidoarjo menggelar Donor Plasma Konvalesen dan Donor Darah Reguler untuk membantu memenuhi stok darah PMI yang mulai menipis masa pandemi Covid-19.

 

Kegiatan yang dihelat secara serentak di Lantamal dan Lanal jajaran Koarmada II tersebut menargetkan sekitar 2.000-an kantong plasma konvalesen. Selain diikuti oleh prajurit Koarmada II dan jajarannya yakni Lantamal V Surabaya, Lantamal VI Makassar, Lantamal VII Kupang, Lantamal VIII Manado dan Lantamal XIII Tarakan, donor plasma konvalesen dan darah ini juga terbuka untuk keluarga besar TNI AL dan masyarakat umum. 

 

Panglima Koarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto, menegaskan bahwa aksi donor plasma konvalesen dan donor darah regular ini adalah salah satu bentuk totalitas dan peran Koarmada II dalam membantu percepatan penanganan Covid-19 bagi pemerintah pusat secara umum, dan pemerintah daerah khususnya Jawa Timur. Karena selama pandemi ini Koarmada II telah berkontribusi secara optimal melalui Serbuan Vaksinasi Masyarakat Maritim, serta peran Satgas Bantuan Oksigen TNI AL Koarmada II.

 

Diketahui, sejak masa pandemi Covid-19 merebak di Indonesia bahkan dunia, masyarakat menjadi lebih berhati-hati bahkan khawatir jika harus bersinggungan dengan lingkungan medis, termasuk diantaranya untuk berkunjung ke Palang Merah Indonesia. Kondisi ini tentunya berdampak pada menurunnya stok darah di PMl. Sementara kebutuhan akan darah untuk pasien di rumah sakit tetap tinggi sehingga kondisi itu menjadi penyebab krisis darah dan plasma konvalesen di lingkungan PMI. 

 

(Foto/Dispen Koarmada II/Ali Masduki) (hru)

 

(ali)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini