Aksi Mahasiswa Bebaskan Mangrove dari Jeratan Sampah Plastik

Ali Masduki/Koran SINDO Jatim, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 20:21 WIB
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam relawan sungai nusantara membersihkan puluhan pohon api-api dari jeratan sampah plastik, di Pesisir Mangrove Wonorejo, Surabaya, Jawa Timur, Minggu 22 Agustus 2021.
 
Aksi tersebut guna mencegah akibat jangka panjang dari sampah plasik bagi produktivitas mangrove, karena ekosistem mangrove sangat penting bagi kota Surabaya sebagai daratan dari intrusi air laut. 
 
Bagi perikanan, ekosistem mangrove pantai timur Surabaya berperan penting bagi produktifitas perikanan ekonomis karena mangrove menyediakan perlindungan dan nutrisi bagi ikan di selat Madura. Serpihan plastik dipesisir pantai akan menjelma menjadi mikroplastik dan mengkontaminasi seafood Surabaya.
 
Untuk itu, mahasiswa relawan Sungai Nusantara mendorong perubahan pola konsumsi plastik sekali pakai. Harus ada perubahan perilaku masyarakat mengurangi pemakaian plastik sekali pakai, pemerintah harus membuat regulasi larangan plastik sekali pakai dan Produsen harus mau meredisgn bungkus plastik dengan model refill. (FOTO: SINDO/ALI MASDUKI) (ddk)

(alm)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini