Kunjungi Raja Ampat, Menparekraf Sandiaga Uno Dengarkan Curhatan Mama Pengrajin Kampung Arborek

Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jurnalis · Kamis 28 Oktober 2021 16:03 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kiri) menyapa para pengrajin saat berkunjung ke Kampung Arborek, Kabupatan Raja Ampat, Papua Barat, Rabu 27 Oktober 2021.

Dalam kunjungan tersebut seorang pengrajin anyaman dan Noken Arborek mencurahkan isi hatinya kepada Menteri Sandiaga Salahuddin Uno terkait kurang dikenalnya karya mereka. Pasalnya, tidak adanya pameran di Kabupaten sedangkan bila menjual online ongkos kirimnya terlalu mahal.

Demikian juga dengan Mama Yuni pengrajin dari desa Arborek, Raja Ampat, Papua mengaku kalau selama pandemi penjualan souvenir khas desa Arborek tidak laku sama sekai. Demikian juga dengan Mama Yuni mengeluhkan wisatawan yang datang hanya meminjam karya nya untuk photo-photo saja. Sehingga, walaupun banyak wisatawan pemasukan untuk para pengrajin tidak ada peningkatan.

Mendegarkan keluhan para pengrajin, Menteri Sandiaga Uno akan melakukan kampanye Rojali yang merupakan singkatan dari Rombongan Jadi Beli serta merupakan pengejawantahan dari Gerakan Bangga Buatan Indonesia. Sandi menegaskan, kecintaan dan kebanggaan akan produk daerah tidak cukup hanya diucapkan tetapi harus dibuktikan dengan membeli dan menggunakan produk kerajinan daerah. (FOTO: Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) (ddk)

(pek)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini