Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun, Pangdam Pattimura Pantau Langsung ke Lokasi

Puspen TNI, Jurnalis · Selasa 11 Januari 2022 19:11 WIB

Pandemi Covid-19 masih belum usai. Pelaksanaan vaksin pun terus digenjot guna mengerem kemungkinan lajunya penyebaran virus tersebut. Terlebih saat ini telah muncul varian virus baru, Omicron yang potensi penyebarannya lebih cepat dibanding varian-varian sebelumnya. Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon terjun langsung untuk mengecek pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun, Selasa 11 Januari 2022 bertempat di SD Xaverius dan SD Kartika Ambon.

Vaksinasi untuk anakĀ  resmi dilaunching sejakĀ  14 Desember 2021 lalu di Jakarta, dilaksanakan dengan tujuan melindungi anak usia sekolah dari paparan Covid-19 dan memberikan rasa aman saat melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di sekolah nantinya.

Pada saat meninjau PangdamĀ  menyapa anak-anak yang didampingi orang tuanya, dengan senyum dan menyemangatinya mereka agar tidak takut disuntik. "Saya menghimbau kepada para orang tua murid yang putra putrinya belum melaksanakan vaksinasi, agar segeraĀ  divaksin dan tetap menjaga protokol kesehatan sesuai anjuran yang berlaku" kata Pangdam disela- sela acara.

Lebih lanjut Pangdam mengatakan vaksin khusus untuk anak ini dilakukan untuk menciptakan herd immunity di lingkungan sekolah dan keluarga. Pelaksanaan vaksinasi pun terlihat tertib dan mematuhi protokol kesehatan "Untuk pencapaian vaksinasi secara kuantitas, jumlah yang divaksin memenuhi syarat dan sesuai target. Secara kualitas, pentahapan pelaksanaan vaksinasi sudah sesuai prosedur dan skema yang dibuat, mulai dari tahap screening,Ā  kemudian di cek tensi darah, selanjutnya baru disuntik vaksin. Saya lihat juga pelaksanaannya tertib. Anak- anak ini juga luar biasa tertib dan bersemangat. Sejauh ini dariĀ  anak yang sudah divaksin,Ā  tidak ada persoalan, mereka tidak ada keluhan, sehat dan happy." tutur Pangdam

Satu lagi bahwa dari pemerintah kota AmbonĀ  menyampaikan salah satu syarat pembelajar tatap muka adalah para siswanya sudah divaksin.Ā  "Apabila sudah divaksin satu sekolah itu, baru boleh melakukan pembelajaran tatap muka" imbuh Pangdam.

Vaksinasi untuk anak ini secara serentak dilaksanakan di seluruh kota Ambon mulai hari ini sampai dengan hari Jumat nanti. Rencananya 2 hari dilaksanakan di sekolah dasar- sekolah dasar, dan 2 hari mulai Kamis dan Jumat dilaksanakan terpusat di Lapangan Merdeka Ambon.

Hari ini Pangdam meninjau pelaksanaan vaksinasi di SD Kartika dengan target sebanyak 200 anak,Ā  dan SD Xaverius sebanyak 1000 anak dengan menggunakan vaksin Sinovac. Jumlah tenaga kesehatan dan tenagaĀ  pendukung yang terlibat kegiatan vaksin anak ini pun mencapai 51 orang, baik dari Kesdam XVI/Pattimura maupun Dinas Kesehatan Kota dan Puskesmas setempat. (Dokumentasi: Puspen TNI) (ddk)

(tni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini