Share

Memotret Malam Hari Menggunakan Smarthphone

Heru Haryono, Jurnalis · Senin 28 Februari 2022 23:10 WIB

Memotret merupakan sebuah hoby yang sangat menyenangkan bagi siapapun. Dengan memotret kita berhasil mendokumentasikan perjalanan kehidupan pada hari itu. Sebuah kenangan atau peristiwa yang tidak bisa terulang kembali, karena waktu yang berlalu, tidak bisa terulang. Hanya melalui foto-foto , kita bisa melihat kembali masa lalu kenangan tersebut.

 

Bagi fotografer memotret jelang senja hingga malam hari merupakan hal yang sangat menantang. Berbekal smartphone Realme 9 Pro Plus, saya melukis cahaya di kawasan Jakarta dan Tangerang Selatan Smartphone ini memiliki tiga lensa pada bagian belakang, yakni 50 MP (wide), 8 MP (ultrawide), dan 2 MP (depth), sedangkan kamera depannya 16 MP serta menggunakan sistem operasi Android 12 berkapasitas penyimpanan 8GB/128GB.

 

Dengan sensor Sony IMX 766 dan didukung dengan teknologi OIS, foto-foto yang saya hasilkan dimalam hari terlihat sempurna. Sangat tajam dan jernih. Keberadaan teknologi OIS yang dipadukan dengan AI Noise Reduction Engine 3.0 serta sistem stabilisasi ganda, membantu saya dapat mengambil foto dalam kondisi minim cahaya juga minim noise. 

 

Smarthphone ini juga punya dua mode pemotretan khusus untuk malam hari atau kondisi minim cahaya. Yang pertama adalah Night Mode, dengan pilihan mode Pro untuk pengaturan setting kamera secara manual. Untuk mode Night otomatis, hasil foto akhir akan terllihat lebih terang dengan detil di area gelap yang diangkat. Dengan pengaturan ISO di tingkat paling rendah, maka exposure juga menurun sehingga tidak bisa mengangkat detil di area shadow. Tapi dengan ISO yang rendah, hasil foto terlihat bersih dari noise. Selama tangan tetap stabil, hasil fotonya juga lebih tajam dibandingkan dengan foto yang memakai setting ISO tinggi.

 

Yang kedua adalah Street Mode yang mendukung mode Long Exposure. Di sini saya bisa memilih setting pemotretan yang telah dioptimalkan untuk membuat foto light trail atau light painting dengan mudah. Ada empat pilihan dengan waktu exposure mulai dari 1 detik, 3 detik, 5 detik, hingga bulb exposure yang lebih fleksibel. Yang menarik, efek ini juga bisa digunakan di saat kondisi cahaya masih terang. Ponsel akan otomatis menyesuaikan exposure di area yang tidak bergerak agar tidak terlihat terlalu terang. Untuk meningkatkan saturasi dan kepekatan warna, realme 9 Pro plus juga dilengkapi AI scene enhancement. Selain mengangkat warna agar lebih matang, foto akan terlihat lebih terang dan jernih.

 

Memotret dimalam hari jadi sangat menyenangkan, karena tidak lagi membutuhkan alat yang mahal seperti kamera DSLR, dengan lensanya, maupun repot membawa tripod, cukup hanya menggunakan sebuah smartphone yang mendukung kamu terus berkarya.

(hyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini