Share

Ini Sejarah Jagorawi, Jalan Tol Pertama di Indonesia

Heru Haryono, Jurnalis · Minggu 20 Maret 2022 19:33 WIB

Suasana lalu lintas di Jalan Tol Jagorawi di kawasan Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Minggu (20/3/2022). Tol Jagorawi (Jakarta, Bogor, Ciawi) yang merupakan ruas jalan yang penting di wilayah Jabodetabek ini dioperasikan oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) sejak tahun 1978. Jalan tol pertama di Indonesia ini diresmikan oleh Presiden kedua RI Soeharto. Pembiayaan pembangunan jalan Tol Jagorawi dianggarkan oleh pemerintah sebesar 10,3 juta dollar AS atau sebesar 30 persen dari total biaya pembangunan. Sementara 70 persen biaya pembangunan Tol Jagorawi dipinjam dari Amerika Serikat sebesar 22,8 juta dollar AS. 

 

Tol Jagorawi memiliki panjang 59km menyambungkan antara Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor, serta Ciawi yang menjadikan jalan tol ini salah satu tol terpadat di Indonesia. Saat ini jalan tol Jagorawi berkembang menjadi ribuan kilometer karena tersambung dengan berbagai ruas jalan tol lain, seperti Jalan Tol Dalam Kota, Jalan tol Lingkar Luar Jakarta dan Bogor Ring Road. 

 

Tol Jagorawi juga memiliki pemandangan yang indah dengan latar belakang Gunug Salak di Bogor yang menjadi daya tarik sendiri. Tol ini sendiri sudah berusia 44 tahun.

(hyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini