Share

Sirkuit Formula E Dipasok Energi Hijau dan Listrik Tanpa Kedip

Heru Haryono, Jurnalis · Jum'at 13 Mei 2022 13:23 WIB

Foto Udara suasana proyek pembanguna sirkuit Formula E di Aancol, Kamis (12/5/2022). Untuk penyelengaraan ajang balap mobil listrik Formula E. PT PLN (Persero) siap memasok listrik hijau ramah lingkungan, bebas polusi udara dan suara.

 

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan mengatakan dari daya listrik yang dibutuhkan dalam ajang balap mobil listrik tersebut sebesar 7 MVA nantinya akan dipenuhi PLN dari energi hijau yang terjamin dalam produk Renewable Energy Certificate (REC). 

 

Total investasi untuk memenuhi kebutuhan listrik Formula E senilai Rp 7 miliar. Untuk mendukung ajang internasional tersebut, PLN telah mempersiapkan Saluran Kabel Tegangan Menengah (SKTM) yang telah digelar sepanjang  6,8 kilometer sirkuit (kms). Pembangunan gardu sudah mencapai 90 persen dan direncanakan selesai 100 persen pada 25 Mei 2022. 

 

Dalam hal keandalan, PLN sudah menyiapkan 4 lapis pasokan listrik termasuk menggunakan Uninterruptible Power Supply (UPS) yang menjamin listrik tanpa kedip. 

 

Perhelatan Formula E hanya tinggal hitungan minggu. Balapan mobil listrik itu dijadwalkan akan digelar di Ibu Kota pada 4 Juni 2022. Menjelang gelaran Formula E di Jakarta, Senior Sutainability Manager FIA Formula E London, Iona Neilson mengatakan, ajang ini bukan hanya soal balapan mobil saja. Melainkan bisa jadi kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga lingkungan hidup.

(hyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini