Share

Gladi Kesiapan dan Kesiagaan Petugas Layani Calon Jamaah Haji

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Sabtu 21 Mei 2022 19:59 WIB

Petugas haji yang tergabung dalam Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2022 melakukan gladi posko di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

 

Gladi posko dilakukan dalam rangka simulasi melayani hingga memberikan perlindungan bagi calon jamaah haji Indonesia di Arab Saudi.

 

‘Proses simulasi ini dalam rangka mengetahui sejauh mana materi bimbingan teknis yang diberikan narasumber dapat diimplementasikan oleh para petugas haji agar dapat melayani jamaah haji Indonesia dengan baik,’ kata Kasubdit Bina Petugas Haji Suvianto kepada wartawan, Jakarta, Sabtu (21/5/2022).

 

Simulasi ini dilakukan oleh seluruh PPIH Arab Saudi yang tersebar di 3 daerah kerja (daker). Mulai dari Daker Bandara, Daker Madinah dan Daker Makkah. 

 

Gladi posko merupakan rangkaian dari bimbingan teknis (bimtek) PPIH Arab Saudi yang berjumlah 828 orang.Gladi posko dilakukan untuk mengetahui gambaran situasi di Arab Saudi dan memahami tugas serta fungsi para petugas haji.

 

 

Gladi posko akan dibagi dalam tiga babak. Pertama kedatangan gelombang 1 di mana para jamaah akan datang melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah.  Kemudian gladi posko memasuki babak ke dua di mana jamaah gelombang 2 datang melalui Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Gladi posko kemudian berlanjut ke simulasi di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). 

 

Dalam simulasi ini terlihat para petugas haji menunjukkan kesiapan dan kesiagaan dalam melayani calon jamaah haji Indonesia. Banyak hal terjadi dalam simulasi ini, mulai dari calon jamaah haji yang kehausan, bingung, minta pulang, kelelahan, pingsan hingga marah-marah. 

 

Kondisi lain yang dihadapi saat simulasi seperti para calon jamaah haji bertanya soal bagasi, terpisah dari rombongan hingga ada yang pingsan. Saat ada yang pingsan, dengan sigap petugas langsung menolong calon jamaah  haji saat simulasi dengan memberikan pertolongan sesuai prosedur yang berlaku.

 

Secara keseluruhan, para petugas bisa menjalankan tugasnya dengan baik dan mampu menjalankan pelatihan sesuai yang diberikan fasilitator PPIH Arab Saudi.

 

(Foto: Okezone/Dani Jumadil Akhir) (hru)

(Dani Jumadil Akhir)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini