Share

Aksi Menparekraf Sandi Menempa Besi saat Berkunjung ke Desa Wisata Keris Sumenep Madura

Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 22:34 WIB

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menempa besi untuk membuat keris bersama Empu Ika saat mengunjungi Desa Wisata Keris Aeng Tongtong, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa 24 Mei 2022.  

Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang telah kembali diluncurkan pada bulan Februari lalu, saat ini juga masuk dalam tahapan 50 besar dimana dilakukan visitasi langsung oleh Menteri Sandiaga Uno. Dan lokasi pertama dari visitasi 50 besar ADWI 2022 adalah Desa Wisata Keris (dahulu bernama Desa Aeng Tong Tong) berada di Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, Madura, Provinsi Jawa Timur.

Kabupaten Sumenep sendiri telah dikukuhkan sebagai Kota Keris dan bahkan United Nation Education, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) telah menetapkan Kabupaten Sumenep sebagai daerah perajin keris terbanyak di dunia, dan sebagian besar empu keris berasal dari Desa Wisata Keris atau Desa Aeng Tong- tong. (Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) (ddk)

(Dokumentasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini