Share

Dapur Sehat Atasi Stunting, Kebut Penurunan Stunting di Indonesia

MPI, Jurnalis · Kamis 20 Oktober 2022 12:21 WIB

Para kader di Desa Gintungkerta, Karawang melakukan persiapan untuk pendistribusian makanan sehat di Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT) yang dihadirkan oleh Nestle Indonesia bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) sebagai upaya untuk membuka akses lebih banyak bagi masyarakat untuk mendapatkan makanan yang bergizi dan mendapatkan informasi mengenai gizi seimbang dan pola hidup sehat agar terhindar dari malnutrisi khususnya gizi kurang kronik yang kemudian dikenal dengan stunting.

 

Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 untuk menurunkan angka stunting nasional, yang berdasarkan data dari Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) 2021 berada di angka prevalensi 24,4%, dan ditargetkan turun menjadi 14 persen pada tahun 2024.

 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin menuturkan, “Percepatan penurunan stunting merupakan prioritas nasional dalam mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi. Stunting telah mengalami penurunan dari 27,7% pada 2019 menjadi 24,4% pada 2021. Kemajuan ini perlu terus dipercepat demi mencapai target 14% pada 2024.

 

(Foto: MPI) (hru)

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini