Share

Indonesia Bergerak, Lansia Lawan Osteoporosis

Heru Haryono, Jurnalis · Kamis 27 Oktober 2022 14:10 WIB

Para lansia saat memeriksakan tulang menggunakan alat pendeteksi di GBK, Senayan, Jakarta. PT Sanghiang Perkasa (KALBE Nutritionals)  melalui brand Entrasol, berkolaborasi dengan Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) menggelar puncak Hari Osteoporosis Nasional (HON) 2022 dengan mengangkat tema yang diangkat adalah “Indonesia Bergerak: Tulang Kuat, Jantung Sehat”

 

Banyak pengidap tidak menyadari tulangnya kian menipis Osteoporosis disebut penyakit senyap atau silent disease karena proses pengeroposan tulang tidak disertai gejala, dan sering tidak disadari kehadirannya. Pasien baru sadar ketika merasa nyeri setelah terjadi sesuatu, misalnya tergelincir atau terbentur kemudian terjadi patah tulang.

 

Selain melakukan aktivitas fisik, dr. Putri Sakti, M.Gizi, SpGK, AIFO-K, dokter spesialis gizi klinik dan ahli ilmu faal olahraga klinis juga mengatakan bahwa pola hidup sehat dengan nutrisi yang seimbang juga perlu dilakukan. “Tingkat keparahan pengeroposan tulang bisa dihambat dengan meningkatkan asupan makanan bergizi, khususnya yang mengandung kalsium dan vitamin D. 

 

Kedua nutrisi ini penting untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang. Selain itu, untuk membantu kesehatan tulang yang baik tentunya diperlukan kekuatan otot dan kesehatan jantung yang baik, dimana tulang otot dan jantung adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. 

 

Maka diperlukan nutrisi setiap hari untuk menjaga hal tersebut seperti nutrisi tinggi kalsium dan vitamin D, serta yang mengandung ekstrak buah zaitun untuk mencegah osteoporosis sekaligus menjaga kesehatan jantung dan menangkal radikal bebas. Hentikan juga rokok dan alkohol karena keduanya bisa merusak sel-sel tulang,” papar dr. Putri.

(Heru Haryono)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini