Share

Tinjau Pasar Natar, Mendag Zulhas: Stok dan Harga Bapok di Lampung Terpantau Stabil Jelang Tahun Baru 2023

Dokumentasi Kementerian Perdagangan, Jurnalis · Rabu 28 Desember 2022 16:44 WIB
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, harga barang kebutuhan pokok (bapok), khususnya di Provinsi Lampung, terpantau stabil dan pasokannya cukup menjelang tahun baru 2023. Oleh karena itu, masyarakat dapat menyambut tahun baru dengan tenang. Hal tersebut disampaikan Mendag saat meninjau Pasar Natar di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu (28/12).
 
“Kami meninjau Pasar Natar hari ini. Dari peninjauan kali ini ini, kami dapati harga-harga bapok stabil dan pasokan tersedia. Kami harap masyarakat bisa berbelanja dengan tenang menyambut tahun baru,” kata Mendag Zulkifli Hasan.
 
Pada pantauan tersebut, Mendag didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto, Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan, dan Pemimpin Wilayah Perum Bulog Lampung Etik Yulianti.
 
Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, hasil Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) persiapan Natal dan Tahun Baru di Semarang, 2 Desember 2022 lalu mencatat bahwa harga bapok secara umum stabil dan pasokan tersedia cukup. Mendag bersinergi dengan pemerintah daerah melalui dinas-dinas yang membidangi perdagangan untuk mengendalikan inflasi dengan cara mengoptimalisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) untuk subsidi transportasi, operasi pasar, dan pasar murah. Selain itu, pemerintah daerah agar ikut mengawasi kelancaran arus logistik dengan cara turun ke pasar dan distributor.
 
“Sinergi dan kolaborasi dengan daerah menjadi kunci pengendalian inflasi. Pemerintah berkomitmen menjaga stok agar tersedia dan aman,” ujar Mendag.
 
Dari hasil pemantauan harga bapok di Pasar Natar, Mendag Zulkifli Hasan menyebutkan, stok dan harga bapok di Lampung terpantau cukup dan stabil menjelang tahun baru 2023. Berdasarkan hasil pantauan harga di Pasar Natar hari ini, mayoritas harga bapok terpantau stabil dibanding minggu lalu (20/12) antara lain beras Bulog Rp9.400/kg, beras premium Rp13.500/kg, MINYAKITA Rp14.000/liter, minyak goreng kemasan Rp15.000/liter, tepung terigu Rp12.500/kg, daging sapi Rp130.000/kg, daging ayam ras Rp37.000/kg, telur ayam ras Rp28.000/kg, dan bawang merah Rp30.000/kg.
 
Sementara itu, komoditas yang harganya turun antara lain beras medium dari Rp10.500/kg ke Rp10.000/kg dan gula pasir dari Rp15.000/kg ke Rp14.000/kg. Sementara kenaikan harga hanya terjadi pada komoditas cabai saja, namun sudah mulai mengalami trend penurunan dalam beberapa minggu terakhir ini.
 
Mendag Zulkifli Hasan akan terus memantau ketersedian stok dan harga bapok di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat selama dua hari ke depan menjelang perayaan Tahun Baru 2023. Ini merupakan bentuk komitmen Mendag Zulkifli Hasan dalam memastikan ketersediaan dan keterjangkauan harga bapok bagi masyarakat. (Dokumentasi Kementerian Perdagangan) (ddk)
 
 

(Dokumentasi Kementerian Perdagangan)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini