Share

Melihat Depo LRT Jabodebek di Jatimulya Bekasi

MPI, Jurnalis · Selasa 17 Januari 2023 19:25 WIB
Sejumlah pekerja memeriksa rangkaian Lintas Rel Terpadu (LRT) yang terparkir pada Depo LRT Jabodebek di Jatimulya, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa 17 Januari 2023. 
 
Pengerjaan proyek LRT Jabodebek secara keseluruhan telah mencapai 88,4 persen ditargetkan beroperasi pada awal Juli 2023. Untuk saat ini, pengerjaan proyek LRT Jabodebek hanya menyisakan terkait dengan pengujian trainset di setiap lintasannya. 
 
LRT Jabodebek nantinya akan dioperasikan menggunakan sistem Communication-Based Train Control (CBTC) dengan Grade of Automation (GoA) level 3. Sistem CBTC adalah sistem pengoperasian kereta berbasis komunikasi, sehingga sistem dapat mengoperasikan kereta dan memproyeksikan jadwal secara otomatis dari pusat kendali operasi serta tanpa masinis.
 
Adapun nantinya dalam melayani masyarakat, LRT Jabodebek akan mengoperasikan 31 trainset/rangkaian. Adapun setiap trainset/rangkaian LRT Jabodebek terdiri atas 6 kereta. 
 
Sedangkan untuk saat ini, trainset yang ada di depo LRT Jabodebek, Jatimulya sudah ada 28 trainset. Dengan rincian 27 trainset sudah di tes, 1 trainset belum di tes, dan 3 trainsetnya masih ada di PT. INKA. (FOTO: MPI/FAISAL RAHMAN) (ddk)

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini