Begini Suasana Belajar Tatap Muka di SMPN 2 Kota Bekasi

MPI, Jurnalis · Senin 22 Maret 2021 13:19 WIB

Suasana belajar tatap muka di SMP Negeri 2 Bekasi, Jawa Barat, Senin 22 Maret 2021. Pemerintah Kota Bekasi mulai menggelar sekolah tatap muka secara bertahap di wilayahnya mulai hari ini. Sekolah yang mulai menggelar tatap muka pada di SMPN 2 Kota Bekasi di Jalan Chairil Anwar, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Senin 22 Maret 2021. Dalam pelaksanaannya hanya 50 persen siswa saja yang diperbolehkan sekolah.

 

Pantauan di lapangan, para siswa datang ke sekolah dengan diantar orang tua sejak pagi hari. Mereka akan mengikuti belajar tatap muka mulai pukul 08.00 – 10.00 WIB. Para siswa yang datang tidak diwajibkan menggunakan seragam sekolah saat proses pembelajaran dan dalam proses pembelajaran menggunakan pakaian bebas.

 

Dinas Pendidikan Kota Bekasi mengizinkan 110 sekolah mengadakan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan mengikuti pedoman protokol kesehatan mulai Senin (22/3). Pembelajaran dimulai tiga rombongan belajar setiap sekolah, lalu terus ditambah hingga 50 persen jumlah ruang kelas yang ada.

 

Untuk sekolah yang akan mengikuti penyelenggaraan ATHB sekolah hanya 22 tingkat SMP dari 49 sekolah negeri dan swasta. Kemudian, 88 tingkat SD dari 356 sekolah dasar negeri dan swasta.

 

ATHB-SP atau Adaptasi Tatanan Hidup Baru Satuan Pendidikan merujuk pada pedoman yang dibuat Dinas Pendidikan Kota Bekasi. Sajekti menekankan, PTM pada 110 sekolah itu bukan perintah dari pemerintah, melainkan sebaliknya, pihak sekolah yang mengajukan proposal. Tidak ada pemaksaan kepada sekolah untuk PTM.

 

Kebijakan ini merupakan respons atas berbagai usulan agar PTM mulai diselenggarakan di Bekasi. Rapat pemangku kepentingan di SMPN 2 Kota Bekasi guna membahas usulan-usulan itu. Rapat, antara lain, dihadiri perwakilan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Badan Musyawarah Perguruan Swasta Kota Bekasi.

 

(Foto: Kontributor MPI/Abdullah M Surjaya) (hru)

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini