Ini Daftar Sembako yang Bakal Dikenakan Pajak

Yulius Satria Wijaya/ANTARA FOTO, Jurnalis · Rabu 09 Juni 2021 14:28 WIB

Pedagang tertidur saat menunggu pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/6/2021). Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sedang mengkaji pengenaan pajak pertambahan nilai (PPN) pada sembako yang tertuang dalam draft RUU Perubahan Kelima Atas Undang-undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). 

 

 

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan, pedagang pasar tentu menolak rencana pemerintah untuk menjadikan bahan pokok sebagai objek pajak.

 

Ikappi mencatat barang yang kenakan pajak di antaranya beras dan gabah, jagung, sagu, kedelai, garam konsumsi, daging dan telur. Kemudian susu, buah-buahan, sayur-sayuran, ubi-ubian, bumbu-bumbuan dan gula konsumsi.

 

Dia mencatat, lebih dari 50% omzet pedagang pasar menurun. Di samping itu pemerintah belum mampu melakukan stabilitas bahan pangan di beberapa bulan belakangan ini.

 

Dia memprotes keras upaya tersebut. Dan sebagai organisasi penghimpun pedagang pasar di indonesia akan melakukan upaya protes kepada presiden.

 

 

(ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc) (hru)

(ysw)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini