Share

Pelaku UMKM Kopi Tradisional Banyuwangi Mulai Bangkit

Heru Haryono, Jurnalis · Sabtu 19 Maret 2022 18:22 WIB

Pengrajin kopi ibu Maryani saat mengsangrai kopi di Dusun Pesucen, Desa Kluncing, Kecamatan Licin, Banyuwangi, Sabtu (19/3/2022).  Kopi Banyuwangi yang terkenal dengan Arabika dan Luwak nya ini memang sangat disukai oleh para pelancong baik domestik dan mancanegara, walaupun situasinya belum kembali seperti sebelum pandemi,pengrajin cukup gembira dengan banyaknya wisatawan yang datang dan mencicipi kopi-kopi bubuk yang ia buat sendiri langsung didapurnya. 

 

Meningkatnya permintaan berbagai jenis produk UMKM ini didukung penuh oleh berbagai pihak. Tidak hanya pemerintah daerah yang terus melakukan pengembangan Banyuwangi sebagai daerah tujuan wisata, Perusahaan BUMN Askrindo mendukung penuh geliat ekonomi khususnya UMKM di Kota Banyuwangi melalui program Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ini merupakan bagian dari Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 2020. 

 

Kopi ini sangat disukai para wisatawan mancanegara karena cara prosesnya  yang masih tradisional dan tentu rasanya, ditambah tempat pengolahan kopi ini dilintasi hotel tempat para tamu menginap dan lokasi wisata yang sedang marak di Banyuwangi.

 

(hyo)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini