Share

Dukung Workshop TNI AD Kembangkan UMKM, Hary Tanoesodibjo Sebut UMKM Punya Peran Penting Pulihkan Ekonomi

Aziz Indra/Koran SINDO, Jurnalis · Sabtu 29 Oktober 2022 12:53 WIB

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo hadir dalam acara Workshop TNI AD Bersama Pemerintah dalam Mengembangkan UMKM. Hary juga mendukung program yang membantu mengembangkan UMKM di Indonesia tersebut.

 

Menurut Hary, UMKM mempunya peranan penting dalam pergerakan ekonomi di Indonesia. Dia pun mencontohkan peran UMKM saat membantu memulihkan ekonomi Indonesia pada krisis ekonomi tahun 1998 lalu.

 

“Saya adalah saksi sejarah pada waktu krisis keuangan tahun 1998. Yang memulihkan ekonomi kita kembali lagi seperti semula dan bahkan tumbuh baik itu adalah UMKM karena usaha besar pada saat itu banyak terpuruk,” ucap Hary Tanoesodibjo saat memberikan paparannya di acara Workshop TNI AD Bersama Pemerintah Dalam Mengembangkan Ekonomi UMKM di Era Digital, di Buperta Cibubur, Sabtu (29/10/2022).

 

Dampak positif lain dari berkembangnya UMKM, kata Hary, juga meluas hingga mampu menyerap tenaga kerja. Artinya, kehadiran UMKM justru dinilainya melibatkan masyarakat luas.

 

“Bayangkan saja dari 30 juta (UMKM) yang ditargetkan di tahun 2024 yang masuk ke digital, masing-masing punya karyawan satu saja, itu akan menciptakan lapangan kerja 30 juta lebih, apalagi kalau dua,” tuturnya.

 

Nantinya, dampak dari keseluruhan tersebut pada akhirnya bermuara terhadap stabilitas baik di ekonomi, politik dan sosial bagi negara. Pasalnya kehadiran lapangan kerja memberikan pendapatan pasti kepada masyarakat juga.

 

“Tentunya untuk stabilitas ekonomi politik sosial pendapatan pasti itu adalah yang lebih penting dan itu memang harus didorong salah satunya dengna mempercepat pertumbuhan daripada UMKM,” pungkasnya.

 

(Foto: MNC Media/Aziz Indra) (hru)

(Aziz Indra/Koran SINDO)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini