Share

Airlangga Hartarto: KIB Tunggu Parpol Bernuansa Warna Merah, Putih, dan Biru

MPI, Jurnalis · Kamis 01 Desember 2022 11:42 WIB

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih pada tahap membuka ruang selebar mungkin bagi partai politik lain yang ingin bergabung bersama Golkar, PAN, dan PPP. Airlangga mengaku KIB masih berupaya menggandeng parpol lain untuk ikut bergabung dalam bangunan yang kokoh.

 

Usai menggelar pertemuan dengan ketua umum partai anggota KIB yang lain, Zulkifli Hasan (PAN) dan Mardiono (Plt Ketum PPP), Airlangga membocorkan kode partai yang bakal bergabung dengan KIB. 

 

“Kita masih komunikasi baik, tentu warnanya ada yang dipakai oleh kawan kita di sini, dan juga ada juga yang warnanya ada nuansa pakaian yang sering dipakai Bapak Presiden, yang bagian dari bola itu juga. Jadi warnanya tidak jauh dari yang ada di bola ini,” tutur Airlangga sembari menunjukkan bola sepak yang dibawa pada pertemuan ketum KIB di Restoran Bunga Rampai, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

 

Diketahui, bola yang dibawa pada pertemuan para ketua umum KIB memiliki warna merah, putih, dan biru. 

 

Jika melihat warna dominan partai yang ada di Indonesia, warna merah identik dengan PDI Perjuangan. Sementara, warna biru identik dengan Partai Demokrat, dan warna putih identik dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). 

Namun, saat ditanya apakah kode warna itu sudah merujuk pada warna dominan partai, Airlangga enggan menjelaskan detail. “Itu terjemahin sendiri. Kode dulu dong, kalau sudah deal, baru kita kasih tahu namanya,” ujar Airlangga.

 

Airlangga menegaskan, yang paling penting bagi KIB saat ini adalah soliditas partai anggotanya.

 

Menurutnya, KIB sudah dideklarasikan sejak Mei hingga sekarang tetap solid. “Kita sepakat bahwa kita ingin membawa demokrasi ini sebagai sebuah kegiatan ataupun pesta rakyat,” tegas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini.

 

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengakui pertemuan ketum KIB kali ini sudah membahas soal kriteria calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024.

 

Zulkifli Hasan (Zulhas) menegaskan, KIB akan memprioritaskan capres dari internal parpol anggota. Menurutnya, nama Airlangga Hartarto sangat layak untuk diusung sebagai capres dari KIB.

 

“Prioritas, Golkar sebagai pemenang pemilu nomor dua, Pak Airlangga, prioritas, pantas, layak, pemenang pemilu nomor dua untuk jadi capres. Berikutnya tentu ketua umum PAN, berikutnya ketua umum PPP. Jadi diutamakan dari internal KIB,” ujar Zulhas.

 

Zulhas yang juga Menteri Perdagangan itu juga berseloroh soal Airlangga yang juga sesuai dengan kriteria calon pemimpin yang disampaikan Presiden Joko Widodo. Presiden Jokowi sebelumnya meminta relawannya untuk memilih calon pemimpin yang memiliki kerutan wajah dan berambut putih. “Liat aja tuh Pak Airlangga, kerutan semua wajahnya,” ujar Zulhas.

 

(Foto: MPI) (hru)

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini