Share

Bertemu Menko Airlangga, FESI Mengharapkan Perundingan IEU-CEPA Segera Diselesaikan

Dokumentasi Kemenko Perekonomian, Jurnalis · Rabu 14 Desember 2022 15:16 WIB

Di sela-sela the 10th ASEAN-EU Business Summit yang diselenggarakan di Brussel, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang hadir mewakili dan mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan berbagai pertemuan bilateral, baik dengan Komisioner Uni Eropa, Menteri dari negara lain, maupun dengan Asosiasi/Federasi Usaha dan Pimpinan perusahaan serta dunia usaha, Selasa (13/12/2022).

 

Pada pertemuan dengan FESI (Federation of European Sporting Goods Industry), Mr. Manuel Pauser, Vice President FESI yang juga merupakan Vice President Government and Community Affairs dari Adidas, menyampaikan harapan dan dukungan agar perundingan Indonesia – European Union Comprehensive Partnership Agreement (IEU – CEPA) bisa segera selesai dan menghasilkan kesepakatan. 

 

Menanggapi hal tersebut, Menko Airlangga yang hadir didampingi oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan bahwa percepatan penyelesaian proses perundingan IEU CEPA membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk dari kalangan asosiasi dan dunia usaha. “IEU CEPA adalah kunci dalam mendorong kerjasama perdagangan, investasi dan kerjasama ekonomi lainnya antara Indonesia dengan Uni Eropa. Indonesia menyampaikan terima kasih atas dukungan FESI untuk dapat tercapainya penyelesaian perundingan.

 

Proses perundingan memang berjalan lebih lama dibandingkan dengan rencana semula. Harapannya perundingan akan selesai dalam 4 (empat) putaran lagi, atau sebelum tahun 2024. Indonesia mengharapkan dukungan dari para pelaku usaha di Uni Eropa agar proses perundingan bisa diselesaikan dengan cepat,” jelas Menko Airlangga.

 

(Foto: Dok Kemenko Perekonomian) (hru)

(Dokumentasi Kemenko Perekonomian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini