Share

Peringati Hari Armada RI Tahun 2022, Koarmada III Gelar Lomba Fun Run dan Dayung Perahu Karet

Puspen TNI, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2022 21:05 WIB
Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNIĀ  Rudhi Aviantara IH, S.E., M.Si, M.Tr (Han) yang mewakili Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP., M.Tr. Opsla membuka perlombaan Fun Run dan Fun Walk serta Lomba Dayung yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Armada RI Tahun 2022 yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2022 yang lalu. Sabtu 10 Desember 2022.
Ā 
Adapun kegiatan Fun Run dan Fun Walk dilaksanakan dengan Start/ Finish di depan Mako Koarmada III, Katapop Kabupaten Sorong Papua Barat, sedangkan kegiatan lomba Dayung Perahu Karet dilaksanakan di depan Dermaga Mako Koarmada III.
Ā 
Dalam sambutan Pangkoarmada III yang dibacakan Kepala Staf Koarmada III mengatakan, bahwa istilah Mensana In Corpore Sano atau di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat adalah menjadi dasar penyelengaraan lomba ini, sehingga diharapkan dapat menjadi arena pembentukan watak disiplin dan sportifitas khususnya bagi Prajurit dan peserta lomba pada umumnya.
Ā 
Disamping itu Pangkoarmada III mengharapkan dengan perlombaan yang dilaksanakan ini, akan ada kemunculan bibit baru atlet berbakat yang kelak akan mengharumkan nama Papua atau bahkan nama Indonesia di mataĀ  dunia, untuk itu agar seluruh peserta lomba selalu menjunjungĀ  tinggi sportifitas.
Ā 
Sementara itu dikatakan Ketua Panitia pelaksanaan rangkaian kegiatan Hari ArmadaĀ  RI Tahun 2022, Kolonel Laut (P) Tarus Rostiyadi, CTMP (Komandan Satuan Kapal AmfibiĀ  Koarmada III), bahwa perlombaan Fun Run dan Fun Walk diikuti 832 orang peserta, dan tidak hanya diikuti oleh prajurit TNI Angkatan Laut saja, namun juga diikuti prajurit TNI Angkatan Darat, Polri, pelajar, serta masyarakat umum, dan ini merupakan wujud kebersamaan dengan masyarakat pada umumnya.
Ā 
Selain itu pada kesempatan tersebut juga diadakan kegiatan Open Ship, dimana masyarakat umum bisa naik ke dalam Kapal Perang milik TNI Angkatan Laut yaitu KRI Teluk Wondama-527, dan juga disajikan dan ditampilkanĀ  kesenian tradisonal Kuda Lumping serta jajanan tradisional di stand makanan dan minuman yang tergelar disepanjang tempat kegiatan.
Ā 
Selanjutnya dalam pelaksanaan lomba, setiap peserta dengan semangat dan antusias yang tinggi secara sportif bersaing untuk menjadi pemenang, dan pada akhirnya setelah melalui perjuangan yang melelahkan munculnya para juara-juara dalam lomba tersebut, diantaranya adalah juara lomba Fun Run Putra sebagai Juara Pertama Serda Wahyudi dariĀ  Lantamal XIV, Juara Kedua Serda Khairul dari Yonif 11 Mar Brigif 3 dan Juara Ketiga Serda Aldo dari Menkav 3, sedangkan Juara Fun Run Putri ketiganya dari masyarakat umum yaitu, sebagai Juara Pertama Sintya, Juara Kedua Nining dan Juara Ketiga Febri M.
Ā 
Sementara itu dalam lomba Dayung Perahu Karet, bertempat di Geladak Helikopter KRI Teluk Wondama-527, Kepala Staf Koarmada III yang didampingi Wakil Ketua Daerah Jalasenastri Armada III Ny Hesti Rudhi Aviantara serta Komandan KRI Teluk Wondama-527 Mayor Laut (P) Sriadi, melepas tanda start lomba Dayung Perahu Karet yang diikuti 20 Tim peserta, dan sebagai Juara Pertama adalah Resimen Artileri 3, Juara KeduaĀ  Resimen Kavaleri 3 dan Juara Ketiga adalah Brigade Infanteri 3, adapun Juara harapan adalah Satkopaska Koarmada III, Resimen Kavaleri 3/ Tim 2, Politeknik Kelautan dan Perikanan/ Tim 1 dan Satfib Koarmada III. (Foto: Penerangan Koarmada III) (ddk)

(Puspen TNI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini