Share

Menko Airlangga Dampingi Presiden Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa

Setpres, Jurnalis · Kamis 15 Desember 2022 14:00 WIB

Presiden Joko Widodo didampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Peringatan 45 Tahun ASEAN – Uni Eropa di Brussels, Belgia, Rabu (14/12/2022).

 

ASEAN – EU Commemorative Summit, KTT Peringatan 45 tahun hubungan ASEAN – Uni Eropa telah diselenggarakan di Brussels, Belgia, Rabu (14/12). Kehadiran Presiden Joko Widodo dalam kesempatan KTT tersebut memiliki arti penting mengingat Indonesia akan memegang Keketuaan ASEAN di tahun 2023.

 

Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya kemitraan ASEAN dan Uni Eropa (UE) yang didasarkan prinsip kesetaraan, saling menghormati, dan saling menguntungkan, harus berkontribusi pada pemulihan ekonomi yang inklusif. Dengan pembangunan yang inklusif dan bernilai tambah akan mendukung ketahan ekonomi dunia yang berkeadilan. Kemitraan yang dijalin antar dua organisasi internasional terbesar di dunia ini juga harus membangun masa depan yang hijau dan berkelanjutan.

Di tengah melemahnya ekonomi global akibat dampak pandemi Covid-19 dan tensi geopolitik, kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan yang mengalami pertumbuhan ekonomi cukup baik dibandingkan dengan kawasan lain di dunia, sehingga kerja sama ekonomi tentu akan memberikan manfaat dan keuntungan yang besar. 

 

Mengutip survei yang dilakukan oleh EU – ASEAN Business Council pada bulan September 2022 disebutkan bahwa 63% responden menyatakan kawasan ASEAN sebagai kawasan yang memberikan peluang ekonomi yang lebih besar, 69% responden berharap pasar ASEAN akan menjadi kawasan yang banyak meraup keuntungan secara global, dan 97% menginginkan UE untuk mempercepat perundingan FTA dengan negara – negara di kawasan ASEAN.

 

Foto : Setpres BPMI  

(Setpres)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini