Share

Bisnis Berkelanjutan dengan Menerapkan Prinsip Ramah Lingkungan

Heru Haryono, Jurnalis · Jum'at 16 Desember 2022 09:27 WIB

Dari kiri, Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan, Pemilik Usaha KaIND, Melie Indarto, Asisten Deputi Pengembangan Kawasan dan Rantai Pasok Kemenkop UKM RI, Ali Alkatiri, dan Pemilik Usaha TISOO, Stephannie Thiandi Jakarta. Tokopedia, bagian dari Grup GoTo, meluncurkan gerakan ‘Tokopedia Hijau’ sebagai upaya dalam menciptakan ekosistem bisnis berkelanjutan demi memberikan dampak positif bagi lingkungan dan seluruh mitra strategis secara jangka panjang.

 

Public Affairs Senior Lead Tokopedia, Aditia Grasio Nelwan menjelaskan, “Ada sekitar 12 juta penjual di Tokopedia yang hampir 100% UMKM. Tokopedia Hijau mengajak sebanyak-banyaknya penjual menerapkan prinsip ramah lingkungan demi bersama membangun bisnis berkelanjutan dan dapat berkontribusi bagi masyarakat dan lingkungan hidup, lewat berbagai program, seperti Program Edukasi dan Inkubasi Seller Hijau.”

 

Program Edukasi Seller Hijau. Terdapat modul komprehensif untuk memandu penjual memulai dan membangun bisnis yang lebih ramah lingkungan, serta webinar, yang bisa diakses oleh penjual secara gratis.

 

Ada juga Program Inkubasi Seller Hijau yang terdiri dari serangkaian proses, seperti kelas intensif dan kampanye daring, untuk lebih memberdayakan penjual ramah lingkungan. Program, yang juga melibatkan social enterprise The Local Enablers ini, menyasar penjual dengan produk dan kemasan ramah lingkungan, serta usaha berkelanjutan yang berdampak pada sosial dan lingkungan.

(Heru Haryono)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini