Share

Momen Prabowo Dampingi Jokowi Salurkan Bansos, Resmikan Jembatan hingga Temui Nelayan

Setpres, Jurnalis · Kamis 15 September 2022 09:49 WIB

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mendampingi Presiden RI Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Rabu (14/9/2022). Rangkaian kegiatan dimulai sejak pagi hari hingga malam hari.

 

Kegiatan pertama adalah meresmikan Jembatan Gantung Wear Fair yang merupakan infrastruktur penting untuk mempercepat mobilitas orang dan barang.

 

"Jembatan Wear Fair ini penting sekali dalam rangka mobilitas orang maupun mobilitas barang," ujar Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan.

 

Jokowi menuturkan bahwa peresmian jembatan yang menghubungkan dua pulau kecil, Pulau Fair dan Pulau Kei Kecil, tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur secara merata hingga ke seluruh pelosok Tanah Air.

 

Kegiatan kedua adalah meninjau penyerahan bantuan sosial kepada para penerima manfaat di Provinsi Maluku berupa bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM), sembako, dan BLT bagi peserta program keluarga harapan (PKH) di Kantor Pos Tual.

 

Hingga saat ini, pemerintah telah menyalurkan BLT BBM kepada hampir 6 juta dari 20,6 juta penerima di 431 kabupaten/kota dan proses penyaluran masih terus dilakukan oleh jajaran Kementerian Sosial.

 

Kegiatan ketiga, Jokowi menyaksikan Prabowo menyerahkan 40 unit kendaraan bermotor dari Kementerian Pertahanan kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual.

 

Prabowo mengatakan bahwa penyerahan kendaraan bermotor tersebut merupakan bagian dari arahan Jokowi untuk menyusun rencana pertahanan jangka panjang.

 

"Untuk itu, pembinaan dan pembangunan kekuatan teritorial salah satu unsur yang sangat penting, jadi semua Babinsa, Koramil, Kodim, Korem, dan Kodam akan kita berdayakan. Jadi itu dalam rencana besar kita, bagian dari pertahanan negara yang sistemnya adalah hankamrata (pertahanan keamanan rakyat semesta)," ujar Prabowo.

 

Kegiatan keempat, Prabowo mendampingi Jokowi membagikan bansos di Pasar Tual kepada para pedagang pasar dan pedagang kaki lima (PKL). Kedatangan Jokowi dan Prabowo disambut riuh masyarakat.

 

Selanjutnya, kegiatan kelima, Prabowo mendampingi menjnjau unit pengolahan ikan di PT Samudera Indo Sejahtera, Kota Tual dan berdialog dengan para nelayan dan pembudidaya rumput laut mengenai prospek pengembangan budidaya rumput laut di daerah tersebut.

 

Salah satu perwakilan dari pembudidaya rumput laut menjelaskan bahwa perkembangan budidaya rumput laut di Kota Tual sangat menjanjikan. Hal tersebut, menurutnya, merupakan hasil kerja sama yang baik antara pemerintah pusat, provinsi, hingga kota.

 

Para pembudidaya pun mengaku bersyukur dengan harga rumput laut yang saat ini di pasaran berada pada kisaran angka Rp25.000 per kilogram. Menurutnya, harga tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga rumput laut tahun lalu.

 

(Foto: BPMI/Setpres) (hru)

(Setpres)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini