Share

Diikuti Peserta dari 5 Benua, Presiden Jokowi Buka Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8

MPI, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 11:48 WIB

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior Ke-8 Tahun 2022. Acara pembukaan dipusatkan di Hall Nusantara, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, Provinsi Banten, pada Senin, 5 Desember 2022.

 

"By saying bismillahirrahmanirrahim, today I declare The 8th Junior Wushu World Championship open," ujar Presiden Jokowi.

 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyambut gembira penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-8 tersebut. 

 

Secara khusus, Presiden Jokowi juga mengucapkan selamat datang kepada seluruh delegasi yang hadir.

 

"Saya mengucapkan selamat datang di Indonesia kepada seluruh delegasi wushu dari negara-negara sahabat, dari 60 negara yang mewakili 5 benua," imbuhnya.

 

Kepala Negara menuturkan bahwa meskipun kehadiran delegasi adalah untuk bertanding, namun Presiden mengharapkan juga kehadiran tersebut bisa dimanfaatkan para delegasi untuk lebih dekat mengenal Indonesia. 

 

Sebagaimana semangat Bhinneka Tunggal Ika atau unity in diversity, lanjut Presiden, ajang kejuaraan ini bukan semata pertandingan, melainkan juga jembatan persahabatan untuk mempererat tali persaudaraan antarbangsa. 

 

"Oleh karena itu, saya ingin mengajak seluruh atlet untuk berlaga dengan gembira, bertanding secara sportif, menunjukkan kemampuan terbaik untuk meraih medali yang diharapkan," tandasnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo juga mendapatkan Honorary 9th Duan of The International Wushu Federation (IWUF) Grading yang merupakan penghargaan peringkat tertinggi dari sistem penilaian wushu.

 

Penghargaan tersebut diberikan sebagai pengakuan atas dukungan luar biasa dan kontribusi Presiden Jokowi untuk olahraga wushu.

 

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia Airlangga Hartarto, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Vice President International Wushu Federation Anthony Goh, dan Pj. Gubernur Banten Al Muktabar.

(MPI)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini