Petugas Haji Amankan Jamu King Kobra hingga Sari Rapet Milik Jamaah

Widi Agustian/Okezone, Jurnalis · Jum'at 12 Juli 2019 13:47 WIB

Kendati sering diimbau untuk membawa barang dan obat yang sesuai kebutuhannya, masih ada jamaah haji yang  "nakal" membawa barang yang tidak seharusnya dibawa, atau barang yang diperbolehkan tetapi jumlahnya tidak wajar.

Sejumlah barang-barang yang ditemukan antara lain jamu rapet wangi dan king kobra. Juga ada rokok hingga sejumlah obat-obatan dengan jumlah yang tidak wajar.

"Barang-barang yang ada di sini (sitaan), itu secara aturan memang diperbolehkan. Hanya secara pemeriksaaan bea cukai ada permasalahan karena jumlahnya terlalu banyak. Makanya itu diselesaikan oleh teman-teman di Daker Bandara," kata Kepala Daerah Kerja Madinah Akhmad Jauhari di Kantor Urusan Haji (KUH) Madinah, Jumat (12/72019).

Dia menjelaskan, barang-barang tersebut akan ditahan oleh pihaknya. Untuk barang-barang yang memang dibutuhkan oleh jamaah, maka akan dikembalikan ke jamaah.

Ada sejumlah barang yang disita oleh petugas yang tercatat pada Jumat (12/7/2019), antara lain rokok 65 bungkus, jamu rapat wangi 6 dos, jamu kapsul 3 botol dan 6 botol kecil, extra joss 6 bungkus, dan hemaviton 129 saset. Lalu ada super tetra 20 saset, tongkat bendera 161 bungkus, dan king kobra 655 bungkus.

(wid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini