Share

Rilis Survei ARSC: Titik Tengah Demokrasi Indonesia Menuju Pemilu 2024

Istimewa, Jurnalis · Rabu 20 Juli 2022 22:28 WIB

Ketua Perkumpulan Kader Bangsa Dimas Oky Nugroho merilis  hasil survei yang dilakukan oleh Akar Rumput Stratejik Consulting (ARSC) pada 21 Juni-5 Juli 2022. Dari hasil survei ini tampak, sebagian besar publik mengharapkan pasangan ideal calon presiden dan wakil presiden itu diwujudkan dengan memasangkan sosok yang menjadi representasi pimpinan atau ketua umum partai politik dengan sosok yang memiliki popularitas dan elektabilitas tinggi.

Dari hasil survei tersebut masyarakat sangat antusias ketika duet figur ketua umum dan figur populer banyak diharapkan oleh publik dalam pasangan calon presiden dan calon wakil presiden di 2024.
Hasilnya, pasangan Muhaimin Iskandar-Anies Baswedan dipilih oleh 21,8% responden diikuti Airlangga Hartarto-Zulkifli Hasan 12,4%, dan Puan Maharani-andika Perkasa 7,5%.  Sebanyak 34,9% responden menjawab tidak tahu, dan 23,4% responden tidak menjawab.

Selain itu, potensi elektabilitas figur-figur kandidat berdasarkan simulasi tiga pasang capres/cawapres, hasilnya pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo dipilih oleh 29,6% responden. Diikuti Prabowo subianto-Muhaimin Iskandar 18,4%, dan Puan Maharani-Anies Baswedan 8,7%. Jika diubah pasangan capres/cawapres, hasilnya Ganjar Pranowo-Erick Thohir 35,8%, Anies Baswedan-Airlangga Hartarto 25,1% responden, dan pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani 10,4%. (Istimewa) (ddk)

 

(Istimewa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini